Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Penyebab Daun Tanaman English Ivy Rontok dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 31/10/2021, 19:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman English ivy (Hedera helix) dikenal memiliki banyak daun, bahkan daun ini bisa mengambil banyak ruang. 

Pasalnya, daun tanaman English ivy dapat merambat hingga ke atas dan menjuntai sampai ke bawah bila ditanam secara gantung. Panjangnya bisa mencapai hingga dua meter. 

Tak heran, daun tanaman English ivy sangat disukai pencinta tanaman hias karena dapat mempercantik taman dan rumah.

English ivy merupakan tanaman hias yang mudah tumbuh, tetapi tidak jarang daunnya menguning, bahkan mengalami kerontokan. 

Baca juga: Kenalan dengan English Ivy, Tanaman Rambat yang Bisa Hidup di Pot

Ragam penyebab daun tanaman English ivy rontok

Tanaman English IvySHUTTERSTOCK Tanaman English Ivy
Dilansir dari Hunker, Minggu (31/10/2021), ada beragam penyebab daun tanaman English ivy rontok. Misalnya, penyiraman terlalu banyak atau terlalu sedikit bisa menjadi penyebab daun tanaman English ivy rontok dan mati. 

Tanaman English ivy yang baru dibeli di toko tanaman, lalu dibawa pulang ke rumah juga bisa menyebabkan tanaman goyang, yang akhirnya membuat daun rontok.

Selain itu, tanaman English ivy yang tidak mendapatkan jumlah cahaya yang sama bisa membuat daun tanaman mulai mati dan rontok.

Baca juga: Tanaman Hias Berbau Busuk? Ini Penyebabnya

 

Karena itu, selalu perhatikan kondisi tanaman English ivy setelah memindahkannya. Apakah tanaman menikmati tempat barunya? 

Alasan lain, tanaman terlalu kering. Hal ini dapat disebabkan gelombang panas, panas rumah tangga yang terlalu tinggi, atau mengabaikan pasokan air yang diberikan pada tanaman.

Terkadang, English ivy dijual dalam pot dengan material lumut gambut. Jika ini benar-benar kering, akan sulit untuk menjenuhkan gambut ke titik yang sehat, yang akhirnya membuat tanaman semakin menderita.

Baca juga: 5 Tanaman Merambat dengan Perawatan Rendah untuk Mempercantik Ruangan

Cukup dengan merepoting dan membuang sebagian besar gambut dapat mengatasi masalah kekeringan ini sekaligus mendorong pertumbuhan daun tanaman yang segar.  

Selanjutnya, penyebab daun tanaman English ivy rontok secara berlebihan adalah tungau laba-laba, sayangnya, adalah

Tungau menyukai kondisi kering dan mereka akan menyerang tanaman tidak jarang disiram. Tungau menyerang di bawah daun oleh batang, merampas tanaman klorofil, dan secara drastis mempengaruhi kesehatan English ivy.

Baca juga: 8 Tanaman Hias Ini Tidak Butuh Cahaya Matahari Langsung, Apa Saja?

Cara menjaga tanaman English ivy tetap sehat

Jika mengalami permasalahan tersebut, ada dua faktor terbesar yang dapat mencegahnya, yakni kebiasaan menyiram dan cahaya yang didapat tanaman English ivy. 

Pilihlah area yang terang atau terang yang tidak terkena sinar matahari langsung untuk English ivy. Kemudian, permukaan tanah harus mulai mengering di antara penyiraman.

Meski tidak ingin benar-benar kering, tanaman English ivy juga tidak suka tergenang air. Tanah yang dikeringkan dengan baik adalah hal penting dan jangan biarkan akarnya bertahan lama di air karena ini dapat menyebabkan busuk akar. 

Baca juga: 7 Tanaman Kaktus Raksasa yang Cocok Dipelihara di Dalam Rumah

Tanah kering adalah masalah, tetapi begitu juga udara kering. Pemanasan musim dingin dapat mengeringkan atmosfer rumah secara berlebihan, yang mendorong munculnya tungau.

Untuk itu, siram tanaman English ivy setiap dua atau tiga kali seminggu. Pastikan tidak terlalu banyak air atau sedikit. Kelembapan dapat mencegah tungau laba-laba.

Untuk itu, apabila melihat tungau laba-laba kecil atau jaringnya, mulailah menyiram tanaman dengan aliran air yang baik karena tungau membencinya, bahkan mandikan tanaman selama beberapa menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com