Kompas.com - 31/10/2021, 18:30 WIB
Ilustrasi ruang tamu dengan nuansa warna merah muda atau pink. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EUIlustrasi ruang tamu dengan nuansa warna merah muda atau pink.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruangan yang memiliki keterbatasan luas harus didekorasi sebaik mungkin agar menciptakan suasana lebih nyaman dan lapang.

Melansir dari Home Guides SF Gate, Minggu (31/10/2021), warna merupakan bagian penting dalam mendekorasi ruangan karena dapat mempengaruhi suasana hati atau perasaan penghuni rumah

Baca juga: 7 Warna Cat Terbaik untuk Kamar Mandi Menurut Feng Shui

Warna-warna terang ideal untuk membuat ruangan terasa lebih besar, tetapi ada nuansa tertentu yang bisa membuat ruangan terasa tenang serta santai. 

Sementara itu, warna yang kaya dan jenuh seperti merah atau cokelat cenderung membuat ruangan terasa kecil serta nyaman. Permukaan cat yang mengkilap akan memantulkan cahaya dan ini membantu memperluas ruangan. 

Baca juga: Warna Cat Dinding Ini Membuat Anda Tidur Nyenyak di Kamar

Padukan warna lantai dan dinding dengan memilih warna yang sama untuk menghilangkan kontras serta membuat tepi ruangan kurang jelas. Pilih juga pola kecil untuk furnitur dan kain yang menyatu satu sama lain dan warna cat

Berikut beberapa warna cat yang dapat membuat ruangan tampak luas dan menenangkan. 

 

Cokelat

Cokelat gelap dan tebal menenangkan, tetapi dapat membuat ruangan tampak kecil. Namun, cokelat lembut hingga nada sedang menciptakan kekayaan, kehangatan, dan ketenangan.

Cokelat lembut juga memberikan latar belakang netral, yang memberi Anda lebih banyak pilihan untuk furnitur. 

Baca juga: 6 Rekomendasi Warna Cat untuk Kamar Mandi Kecil agar Tampak Luas

Hijau

Hijau sangat ideal untuk ruangan di mana Anda ingin fokus atau bersantai. Hijau merupakan warna alam sehingga membuat berpikir tentang pertumbuhan, kesegaran dan harmoni.

Selain itu, menenangkan serta memunculkan perasaan aman dan nyaman. Nuansa berbasis kuning seperti zaitun menciptakan kehangatan, sedangkan hijau berbasis biru seperti aqua mengundang relaksasi juga ketenangan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.