Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/10/2021, 15:13 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak ada yang lebih baik daripada pulang ke rumah yang memberi kenyamanan dan ketenangan pikiran.

Itulah salah satu alasan mengapa estetika dan desain interior Japandi mendapatkan banyak daya tarik serta diaplikasikan pada banyak rumah saat ini.  

Baca juga: 5 Tips Menciptakan Desain Kamar Mandi Bergaya Japandi

Japandi merupakan salah satu konsep desain bangunan yang merupakan perpaduan antara desain rumah tradisional Jepang dan Skandinavia.

Dengan penekanan pada garis-garis yang bersih dan gaya minimalis, konsep desain interior Japandi adalah esensi sejati dari kehidupan. 

Desain Japandi mengutamakan kesederhanaan, fungsionalitas, elemen berkualitas tinggi, kebersihan, serta bebas kekacauan. 

Selain itu, rumah dengan desain Japandi juga tidak memerlukan furnitur besar, dekorasi mewah, atau warna-warna berani. 

Bila tertarik menghadirkan desain Japandi ke rumah, berikut lima ide menghadirkan desain Japandi ke rumah dilansir dari Home and Decor, Minggu (31/10/2021).   

Baca juga: 5 Tips Menghadirkan Desain Rumah Japandi 

Menggunakan palet warna terang

Mendapatkan warna yang tepat adalah langkah pertama mencapai estetika desain Japandi. Palet warna Japandi terdiri atas warna-warna netral seperti putih, kayu pucat, abu-abu, dan krem.

Namun, juga bisa mencakup sentuhan berbeda sesekali seperti cokelat tua, biru tua, dan hijau. Pertimbangkan warna-warna ini saat memilih cat dinding, lantai, furnitur, dan aksesori rumah lainnya.

Pilihan warna yang tepat tidak hanya membawa suasana damai ke ruang keluarga atau ruang tamu, tetapi juga secara visual membuat ruangan terasa lebih besar. 

Baca juga: Cara Mendekorasi Ruang Tamu dengan Gaya Interior Japandi 

Pilih furnitur yang terbuat dari bahan alami

Desain Japandi menghadirkan material alami dan berkelanjutan ke dalam ruangan. Saat memilih furnitur dan area penyimpanan, carilah furnitur yang terbuat dari bahan alami seperti kayu solid, beton, batu, dan kain alami dengan warna netral.

Furnitur harus memiliki finishing berkualitas tinggi dan halus untuk efek visual yang bersih dan rapi. Furnitur alami sangat melimpah di pasaran saat ini. 

Baca juga: 7 Cara Menerapkan Desain Japandi di Rumah 

Carilah potongan dekorasi minimalis

Ilustrasi ruang tamu bergaya Japandi.SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi ruang tamu bergaya Japandi.
Selain bahan alami, salah satu elemen kunci yang harus diperhatikan saat berbelanja furnitur adalah memastikan potongannya sempit dengan garis bersih.

Ketika berbicara tentang dekorasi rumah Japandi dan barang-barang lainnya, Anda harus berpikir less is more.

Artinya, alih-alih mengacaukan rumah, rencanakan untuk meninggalkan ruang terbuka yang cerah dan hanya menampilkan beberapa bagian dekorasi tertentu seperti seni dinding serta tanaman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com