Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wastafel Porselen Vs Wastafel Stainless Steel, Mana yang Lebih Baik?

Kompas.com - 22/12/2021, 22:09 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wastafel menjadi salah satu barang yang sering digunakan di dapur. Wastafel menjadi wadah untuk mencuci piring dan peralatan makan, perlengkapan memasak, serta mencuci sayuran dan buah-buahan.

Untuk itu, saat memilih wastafel dapur, penting mempertimbangkan material atau bahan yang digunakan. Bahan wastafel dapur terbaik tergantung pada apa yang dibutuhkan. 

Baca juga: Catat, 6 Benda Ini Harus Disimpan di Dekat Wastafel Dapur

Setidaknya, ada dua material yang biasa digunakan untuk wastafel dapur, yakni wastafel porselen dan wastafel stainless steel. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Melansir dari Home Guides SF Gate, Rabu (22/12/2021), berikut kelebihan serta kekurangan  wastafel porselen dan wastafel stainless steel. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Jamur dan Lumut pada Saluran Pembuangan Wastafel

Tampilan 

Ilustrasi wastafel kamar mandi.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi wastafel kamar mandi.
Wastafel porselen memiliki tampilan yang menarik, tapi material ini rentak pecah dan retak. Wastafel stainless steel tidak mudah pecah, retak, atau terkelupas, memiliki sifat anti-bakteri, serta tahan panas dan noda.

Selain itu, wastafel stainless steel memiliki bobot yang ringan dan sempurna untuk pemasangan undermount, sementara wastafel porselen memerlukan dukungan beban untuk pemasangan undermount. 

Baca juga: 4 Warna Wastafel Kamar Mandi yang Bisa Jadi Pilihan 

Daya tahan 

Wastafel porselen sebenarnya terdiri atas rangka besi cor dengan lapisan porselen yang dipanggang di atasnya, sebuah proses untuk menghasilkan wastafel porselen yang tahan lama dan sangat berat. 

Wastafel porselen biasanya mampu bertahan setidaknya 20-25 tahun jika dirawat dengan benar. Gunakan rak berjeruji di bagian bawah wastafel untuk melindunginya dari bekas goresan akibat panci dan wajan yang berat.

Namun, hindari menggunakan pembersih dan spons abrasif pada wastafel porselen. Sebagai gantinya, pilihlah scrub yang lembut dan kain tebal.

Baca juga: 5 Penyebab dan Cara Mengatasi Wastafel Dapur Kotor dan Bau

Ilustrasi wastafel dapurUnsplash/Callum Hill Ilustrasi wastafel dapur
Sementara itu, apabila memiliki keluarga yang sibuk dan ingin wastafel dapur yang bisa digunakan terus-menerus, wastafel stainless steel adalah pilihan yang tepat.

Menurut Home Décor Bliss, wastafel stainless steel mampu bertahan selama 10-15 tahun. Stainless steel adalah pilihan yang paling banyak digunakan untuk wastafel dapur karena tahan terhadap kuman dan bakteri.

Selain itu, wastafel stainless steel juga mempunyai harga yang terbilang murah. Namun, wastafel ini tidak memiliki pilihan warna seperti wastafel porselen, tetapi hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Perlu diketahui, bobot wastafel juga penting diperhatikan. Sebab, semakin ringan bobot wastafel, semakin tahan lama. 

Baca juga: 5 Cara Mudah Membersihkan Wastafel Dapur agar Bebas dari Kuman

Pilihan material wastafel dapur lainnya 

Apabila tidak menyukai material wastafel porselen atau stainless steel, ada pilihan material lainnya yang bisa dipilih.

Granit dan kuarsa adalah pilihan populer dan penambahan resin pada fabrikasi memperkuat hasil akhir serta melindunginya dari goresan dan noda.

Selain itu, ada wastafel tembaga. Ini adalah wastafel mahal dan membutuhkan perawatan berkelanjutan. Tembaga juga teroksidasi dan membutuhkan pembersih dan lilin khusus. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com