Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, 6 Benda Ini Harus Disimpan di Dekat Wastafel Dapur

Kompas.com - 22/12/2021, 13:23 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Bobvila

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika dapur adalah jantung sebuah rumah, wastafel adalah jantungnya dapur. Dari memasak, mempersiapkan makanan, hingga bersih-bersih, Anda menghabiskan banyak waktu di dekat wastafel dapur.

Karena itu, penting memaksimalkan area di sekitar wastafel dengan menambahkan beberapa benda penting akan meningkatkan kenyamanan, utilitas, gaya ruang, serta membuat dapur lebih tertata. 

Baca juga: 4 Warna Wastafel Kamar Mandi yang Bisa Jadi Pilihan 

Melansir dari Bobvila, Rabu (22/12/2021), berikut enam benda yang harus disimpan di dekat wastafel dapur.

 

Mesin pencuci piring

Ilustrasi mesin pencuci piring atau dishwasher. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi mesin pencuci piring atau dishwasher.
Mesin pencuci piring adalah peralatan elektronik dapur yang membantu tugas mencuci piring.

Idealnya, mesin pencuci piring diletakkan di dekat wastafel agar memudahkan ketika mempersiapkan, membersihkan, dan merapikan piring.

Tempat perkakas magnetik

Berdekatan dengan wastafel, di atas meja tempat biasanya melakukan persiapan makan, pertimbangkan memasang tempat perkakas magnetis.

Alat magnetik ini memiliki pegangan yang cukup kuat untuk mengatur dan menyimpan berbagai peralatan dapur, dari pembersih piring, spatula, hingga pisau.

Tempat perkakas magnetik ini menyediakan metode all in one, mudah dipasang, dan memastikan peralatan masak atau benda-benda yang paling sering digunakan tetap berada dalam jangkauan. 

Baca juga: 5 Penyebab dan Cara Mengatasi Wastafel Dapur Kotor dan Bau 

Kait kabinet

Setiap kali, mencuci piring tak jarang membuat air menetes membasahi lantai dapur. Untuk menghindari tetesan, simpan handuk tepat di dekat wastafel atau kabinet. 

Pastikan pengait memiliki lapisan krom yang halus serta terpasang kuat agar handuk tidak mudah terlepas. 

Ruang penyimpanan di wastafel 

Ilustrasi wastafel dapur berbahan stainless steel. UNSPLASH/TAYLOR WILCOX Ilustrasi wastafel dapur berbahan stainless steel.
Sering kali area meja di sekitar wastafel dipenuhi dengan kebutuhan dapur seperti spons, sabun cuci piring, dan handuk tangan.

Jaga semuanya tetap rapi dan di satu tempat dengan membuat ruang penyimpanan di sekitar wastafel. Ruang penyimpanan ini juga bisa berfungsi sebagai dekorasi dapur, terutama jika diisi dengan aneka wadah bumbu. 

Baca juga: 5 Cara Mudah Membersihkan Wastafel Dapur agar Bebas dari Kuman 

Handuk piring super lembut

Setiap dapur membutuhkan handuk piring. Handuk piring lebih ekonomis dan ramah lingkungan daripada handuk kertas serta melayani berbagai tujuan seperti membersihkan tumpahan, melindungi meja dari permukaan panas, dan mengeringkan piring.

Sabun cuci piring dan sabun tangan

Sabun cuci piring dan sabun tangan adalah barang penting yang perlu berada di samping wastafel. Sabun cuci piring untuk mencuci piring, sedangkan sabun tangan membersihkan tangan sesudah mencuci piring dan membersihkan dapur.

Untuk itu, sediakan tempat penyimpanan keduanya dengan tepat, mudah dijangkau, dan pastikan sabun selalu terisi penuh. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com