Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Langkah Membersihkan Saluran Pembuangan Sampah Wastafel Dapur

Kompas.com - 25/10/2021, 14:01 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan saluran pembuangan wastafel dapur tidak hanya bertujuan menghilangkan bau tak sedap, tetapi juga dapat memperpanjang umur saluran wastafel Anda.

Mengingat, saluran pembuangan sampah wastafel adalah tempat yang bau, lembap, serta penuh kuman dan bakteri. Untuk itu, penting membersihkannya secara rutin. 

Baca juga: Lakukan Ini Agar Sampah Dapur Tidak Bau

Disarankan membersihkan saluran pembuangan wastafel setiap kali mencium bau yang bocor atau setidaknya setiap dua minggu.

Menunda pembersihan dapat membuat partikel makanan mulai menumpuk di sekitar saluran pembuangan dan dapat menimbulkan korosi pada bagian-bagiannya.

Untuk membersihkannya, berikut ini empat langkah membersihkan saluran pembuangan wastafel dapur dikutip dari My Domaine, Senin (25/10/2021).  

Baca juga: 3 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau pada Tempat Sampah 

Bahan yang dibutuhkan 

Jalankan air Dingin terlebih dahulu

Sebelum memulai pembersihan, penting untuk membersihkan apa pun dari wastafel. Jalankan air dingin selama kira-kira tiga sampai lima menit dan pastikan tidak ada suara yang terdengar seperti tersangkut di saluran  pembuangan. 

Jika sepertinya ada sisa makanan yang tersangkut di dalamnya, pisahkan dengan hati-hati sesuai dengan petunjuk sebelum melanjutkan. 

Baca juga: Cara Merawat Wastafel Stainless Steel agar Tetap Berkilau

 

Masukkan es batu dan garam

Ilustrasi wastafel dapurUnsplash/Callum Hill Ilustrasi wastafel dapur
Setelah memastikan tidak ada potongan makanan besar yang tersangkut, salah satu cara termudah dan tercepat untuk menjaga kebersihan tempat pembuangan sampah adalah menggunakan es.

Metode ini bekerja paling baik untuk pembersihan pemeliharaan (sebaiknya lakukan setidaknya sekali setiap dua minggu).

Tuangkan sekitar dua cangkir es ke dalam saluran pembuangan sampah wastafel dan satu cangkir garam kasar. 

Pastikan air dingin terus mengalir serta lanjutkan ini selama sekitar lima hingga 10 detik atau sampai semua es hancur. 

Baca juga: Dampak Buruk Membuang Minyak Goreng ke Wastafel dan Cara Mencegahnya

Campurkan baking soda dan cuka 

Jika telah menunggu sedikit lebih lama untuk melakukan tugas ini, Anda mungkin ingin mencoba sesuatu dengan daya disinfektan yang lebih banyak.

Metode ini membutuhkan setengah cangkir baking soda dan secangkir cuka sari apel atau putih. Pertama, tuangkan baking soda, kemudian cuka.

Biarkan gelembung dan mendesis selama sekitar lima menit untuk memberikan waktu untuk menembus ke sudut dan celah.

Setelah berhasil, kedua bahan menjadi campuran bersoda. Jalankan pembuangan dan biarkan air dingin mengalir selama sekitar satu menit atau lebih.

Ini akan membantu membersihkan partikel yang tertinggal dan mendisinfeksi tempat pembuangan sampah sehingga dapat menghindari bau tidak sedap pada kemudian hari. 

Baca juga: 3 Tips Membersihkan Wastafel Dapur Tetap Bersih dan Berkilau

Segarkan dengan lemon 

Bila sudah membersihkan, tapi bau masih ada, gunakan pewangi alami untuk menyegarkan tempat pembuangan sampah wastafel dengan kulit lemon. 

Caranya, potong kulit lemon dan buang kulitnya ke saluran pembuangan. Pastikan memotongnya dengan kecil sehingga tidak tersangkut di pembuangan dan jatuhkan potongan satu per satu saat menjalankan pembuangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com