Kompas.com - 25/10/2021, 11:22 WIB
Ilustrasi membeli kulkas baru. SHUTTERSTOCK/HEDGEHOG94Ilustrasi membeli kulkas baru.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada kepuasan tersendiri apabila kulkas atau lemari es Anda memiliki ukuran yang tepat untuk ruang dan kebutuhan keluarga di rumah. Akan tetapi, jika akhir-akhir ini kulkas sering bermasalah, mungkin sudah waktunya untuk membeli kulkas baru.

Namun, jangan langsung membeli kulkas baru. Lihatlah beberapa tanda kulkas perlu diganti dan cari tahu apakah permasalahan itu dapat diperbaiki atau tidak.

Dilansir dari Martha Stewart, Senin (25/10/2021), berikut beberapa tanda kulkas harus diganti yang harus Anda perhatikan.

Baca juga: Kulkas Bau? Atasi dengan Ekstrak Vanila

1. Makanan tidak sedingin yang seharusnya

Jika susu yang Anda beli beberapa hari lalu sudah mulai berbau aneh, bisa jadi karena kulkas sudah kehilangan kemampuannya untuk mempertahankan suhu yang cukup dingin.

Ilustrasi kulkas, lemari es.SHUTTERSTOCK/MAYA KRUCHANKOVA Ilustrasi kulkas, lemari es.

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), suhu kulkas yang ideal adalah harus berada di 4 derajat celcius ke bawah. Adapun suhu freezer yang ideal adalah minus 17 derajat celcius.

Keduanya dapat diperiksa dengan alat termometer. Jika penanda angka suhu kulkas tidak aktif, mulailah memilih kulkas baru

2. Kulkas berdengung

"Suara mendengung sepenuhnya normal. Suara ini adalah (berasal dari) bukaan katup air untuk mengisi pembuat es," kata Rebeccah Buurstra, manajer merek untuk Maytag.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Durian di Dalam Kulkas

Namun, jika suara kulkas lebih seperti getaran, kemungkinan besar kulkas Anda tidak stabil. Untuk mengatasi ini, kata Buurstra, sesuaikan sekrup leveling dan turunkan kaki leveling dengan kuat ke lantai.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.