Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Tips Membuat Wastafel Dapur Selalu Bersih dan Bersinar

Kompas.com - 11/09/2021, 11:19 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya menjadikan area wastafel dapur semakin berantakan, namun piring kotor yang menumpuk juga akan mengundang berbagai serangga dan hama, seperti lalat dan tikus.

Untuk itu, mencuci piring setelah makan atau memasak menjadi pilihan yang paling tepat agar terhindar dari hal yang buruk.

"Makanan kering adalah kombinasi pati, protein, dan gula yang dapat menempel di tepi bak cuci atau wastafel, sehingga sulit dibersihkan," kata Julie Utschig, dari Caldrea R&D seperti dikutip dari Martha Stewart, Sabtu (11/9/2021).

Baca juga: Tips Membersihkan Wastafel Dapur dengan Bahan Alami

Kombinasi ini, dicampur dengan endapan dari air sadah, dapat menghasilkan penumpukan. Untungnya, sangat mungkin untuk menghilangkan gangguan ini dengan merawat dan membersihkan secara teratur wastafel dapur, seperti berikut ini. 

Perawatan wastafel dan saluran pembuangan secara teratur

"Air sabun panas dan pembersih multi permukaan dengan spons seharusnya cukup untuk menghilangkan bekas makanan dengan lembut," jelas Utschig.

Untuk menjaga wastafel tetap bersih, bersihkan wastafel Anda dengan cepat setelah mencuci piring dengan air panas dan sabun cuci piring. Selain itu, jangan lupa dengan saluran pembuangan, yang merupakan bagian penting dari wastafel yang patut Anda perhatikan.

Bersihkan dengan menuangkan setengah cangkir soda kue, diikuti dengan setengah cangkir cuka putih, lalu tutup saluran pembuangan dengan lap basah.

 

Baca juga: Kenapa Ada Noda Hijau di Wastafel? Penyebab dan Cara Membersihkannya

Setelah lima menit, tuangkan air mendidih untuk menghilangkan penumpukan dan menghilangkan bau dari pipa.

Gunakan produk pembersih yang benar

Mempertahankan wastafel yang baru dibersihkan dan berkilau bisa tampak seperti tugas yang sulit, tetapi itu pasti bisa dilakukan dengan produk yang benar. Plus, dengan pembersihan rutin, Anda dapat mencegah penumpukan kuman dan residu di kemudian hari.

"Pembersihan yang direkomendasikan termasuk menggunakan sabun cuci piring cair, pembersih multi-permukaan yang lembut, soda kue, cuka putih, dan spons," jelas Utschig.

"Air panas yang dicampur dengan cairan pencuci piring, dapat membersihkan sebagian besar wastafel dan membuatnya bersinar," imbuh dia. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com