Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/09/2021, 10:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com - Memanjat ke tempat yang lebih tinggi menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh kucing. Pastinya Anda sering melihat kucing berada di atas atap atau di tempat tinggi lainnya, dan hal ini memiliki alasan tersendiri.

Melansir dari Cuteness, Sabtu (11/9/2021), insting sangat berkaitan dengan mengapa kucing menyukai tempat yang tinggi.

Para ilmuwan telah mengidentifikasi nenek moyang kucing yang disebut Proailurus dari fosil yang ditemukan dari periode Oligosen.

Baca juga: 12 Hal yang Sebaiknya Kamu Ketahui Tentang Kematian Kucing

Proailurus, yang berarti "kucing awal", hidup sekitar 25 juta hingga 20 juta tahun yang lalu. Kucing ini adalah karnivora, seperti kucing modern.

Fosil memberitahu bahwa Proailurus panjangnya sekitar dua kaki dan beratnya sekitar 10 kilogram, yang akan membuatnya hanya sedikit lebih besar dari kucing hari ini.

Proailurus memiliki ekor yang panjang dan cakar yang dapat ditarik. Kedua karakteristik fisik ini membuatnya lebih baik dalam mendaki. Ekor panjang memberikan keseimbangan dan cakar membantunya menempel pada pemangsa, pohon, dan cabangnya.

Proailurus mungkin mengintai mangsanya dari cabang pohon atau lokasi lain yang lebih tinggi. Kucing modern suka hinggap di tempat tinggi karena mereka lebih mudah melihat burung, tikus, dan hewan kecil lainnya yang akan menjadi sumber makanan utama mereka jika mereka hidup di alam liar.

Baca juga: Makanan Manusia yang Bisa Dimakan Kucing

Bagaimana memberi kucing ruang vertikal untuk memanjat?

Jika seekor kucing tinggal di luar di alam liar, ada kemungkinan besar mereka akan menghabiskan banyak waktu memanjat untuk mencari makanan. Jadi, jika Anda memiliki anak kucing yang memanjat Anda, jangan terlalu terkejut.

Untuk memuaskan keinginan ini pada kucing modern, Anda dapat memberi kucing Anda ruang vertikal untuk memanjat seperti pohon kucing, rak kucing, dan peralatan buatan sendiri lainnya yang dapat memberi kucing ruang vertikal dalam ruangan untuk didaki.

Menyediakan tempat untuk kucing memanjat bisa sesederhana menumpuk beberapa potongan kayu yang dilapisi karpet, atau kotak dengan lubang tempat mereka bisa masuk dan keluar.

Jika Anda memiliki langkan jendela yang tinggi, sediakan sesuatu yang bisa digunakan kucing Anda untuk melompat ke atasnya.

Halaman:
Sumber Cuteness
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com