Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan dan Menghilangkan Bau Wastafel Dapur

Kompas.com - 29/10/2021, 20:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi area paling sibuk di rumah, dapur memiliki beragam perlengkapan dan peralatan yang mendukung kegiatan di dapur, salah satunya wastafel.

Wastafel dapur selalu menampung sisa makanan dan lemak setiap harinya. Lemak dan kotoran ini dapat dengan cepat menumpuk serta menyebabkan bau tak sedap. 

Baca juga: Cara Merawat Wastafel Stainless Steel agar Tetap Berkilau

Bau makanan bisa membusuk dan menyebabkan bau yang sangat tak sedap, sedangkan lemak dan minyak dapat melapisi bagian dalam pipa serta menjebak partikel makanan yang harus dibuang.

Untuk mengatasinya, berikut cara membersihkan dan menghilangkan bau wastafel dapur dilansir dari The Spruce, Jumat (29/10/2021). 

Baca juga: 4 Langkah Membersihkan Saluran Pembuangan Sampah Wastafel Dapur 

Air panas dan sabun cuci piring

Untuk menghilangkan bau wastafel, siram air panas ke lubang pembuangan, lalu tuangkan sabun cuci, dan biarkan air mengalir. 

Baking soda dan cuka 

Cara kedua menghilangkan bau wastafel adalah menuangkan satu cangkir baking soda ke dalam saluran pembuangan, diikuti jumlah cuka yang sama, dan diamkan selama 10 menit.

Sementara Anda menunggu, rebus sekitar enam gelas air serta tuangkan air mendidih ke saluran pembuangan untuk membantu menghikangkan partikel yang tersisa. 

Baca juga: Dampak Buruk Membuang Minyak Goreng ke Wastafel dan Cara Mencegahnya 

Kulit jeruk, es, dan garam

Ilustrasi kulit jerukUnsplash/Okeykat Ilustrasi kulit jeruk
Tuangkan beberapa es batu dan segenggam garam halus atau garam kasar ke saluran pembuangan wastafel, lalu diamkan selama 10-15 detik.

Es dan garam akan mengikis sisa makanan dari bilah dan sisi tempat pembuangan. Ikuti ini dengan menempatkan beberapa kulit jeruk di tempat pembuangan untuk pewangi. 

Baca juga: Cukup 10 Menit, Ini Cara Membersihkan Saluran Air Wastafel

Pastikan mengalirkan air saat meletakkan kulit jeruk agar tidak ada sisa makanan yang menempel di saluran pembuangan wastafel.

Setelah saluran pembuangan bersih, jika baunya tetap ada, Anda mungkin memiliki masalah saluran air. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com