Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mudah Membersihkan Wastafel Dapur agar Bebas dari Kuman

Kompas.com - 06/11/2021, 20:40 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Anda mungkin berpikir bahwa jumlah air dan sabun cuci piring yang melewati wastafel dapur Anda akan cukup untuk membilasnya hingga bersih, tetapi pada kenyataannya, wastafel adalah tempat berkembang biaknya bakteri.

Hal ini mengingat jumlah piring kotor yang dicuci, sisa makanan yang menempel, akan lebih mudah membuatnya menjadi sarang penyakit dan kuman.

Oleh sebab itu, wastafel dapur harus sering dibersihkan dengan peralatan dan sabun untuk mengurangi risiko bakteri dan penyakit tersebut.

Melansir dari Home Made Simple pada Sabtu (06/11/2021) berikut ini lima cara mudah membersihkan wastafel dapur.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Karat pada Wastafel dengan Pasta Gigi

Cuci bersih dan buang sisa makanan

Hal pertama yang harus dilakukan ialah bersihkan wastafel setiap kali selesai digunakan. Tentu saja ideal untuk menjauhkan partikel makanan dari wastafel Anda sebanyak mungkin dengan berhati-hati saat membuang sisa makanan di tempat sampah setelah makan dan sebelum memasukkan piring ke wastafel.

Tapi sesekali kami harus merogoh saluran pembuangan untuk mengambil remah-remah yang menempel.

Buang sisa makanan, bersihkan penutup saluran dari partikel makanan, dan bersihkan cangkir kopi, piring, atau peralatan makan lainnya.

Membuang sisa makanan dari wastafel adalah kunci untuk mencegah penyumbatan saluran pembuangan dan menghindari bau yang tidak diinginkan.

Baca juga: Cara Membersihkan dan Menghilangkan Bau Wastafel Dapur

Campur sabun cuci piring dengan air dan mulailah menggosok

Anda bisa menggunakan sabun pencuci piring yang sama untuk membersihkan wastafel. Kemudian sikat atau scrub menggunakan spons.

Cara ini seharusnya bisa menghilangkan sisa makanan kotor dari bak cuci piring. Gosok seluruh permukaan wastafel untuk menghilangkan noda, sisa makanan, dan residu lainnya.

Beberapa orang suka melapisi wastafel dengan soda kue, lalu menggosoknya dan membilasnya dengan air hangat.

Jika Anda punya waktu, ini bisa sangat membantu dalam mengangkat noda dari permukaan wastafel.

Baca juga: 4 Langkah Membersihkan Saluran Pembuangan Sampah Wastafel Dapur

Bilas wastafel dengan air

Bilas wastafel dengan cepat untuk membersihkan sisa remah yang terlihat dan pastikan semua bagian digosok hingga bersih.

Keringkan dengan lap atau kain kering

Terakhir, bilas sekali lagi untuk memastikan semuanya bersih lalu keringkan dengan cepat menggunakan kain agar wastafel tampak berkilau dan membantu mencegah perkembangan bakteri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com