Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips dan Trik Mencari Rumah Pertama untuk Generasi Milenial

Kompas.com - 21/12/2021, 20:43 WIB
Abdul Haris Maulana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki rumah sendiri merupakan sebuah cita-cita yang diharapkan oleh banyak orang, tak terkecuali para generasi milenial.

Pada saat ini, generasi milenial yang berada di rentang usia 24-39 tahun sudah memiliki atau sudah berencana membeli rumah dan hunian untuk masa depan.

Oleh karena itu, penting bagi generasi milenial untuk mengetahui beragam hal yang harus diperhatikan sebelum membeli rumah.

Baca juga: Ingin Membeli Rumah Pertama? Ikuti 4 Langkah Ini biar Sukses

Merujuk Siaran Pers dari Pinhome, Selasa (21/12/2021), berikut ini beberapa tips dan trik bagi milenial yang berencana mencari dan membeli rumah pertamanya.

Ilustrasi rumah.Dok. DIREKTORAT RUK/ BAGIAN HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK DIREKTORAT JENDERAL PERUMAHAN KEMENTERIAN PUPR Ilustrasi rumah.
Ketahui hal-hal yang menjadi pertimbangan dalam pembelian rumah

Data JLL yang disampaikan pada kegiatan CoTalks, menunjukkan bahwa rumah yang memiliki kisaran harga Rp1,3 miliar - Rp2 miliar mendapatkan permintaan paling banyak pada tahun 2021.

Hal ini menunjukkan bahwa affordability atau keterjangkauan merupakan salah satu faktor esensial bagi orang-orang sebelum membeli properti.

Selain itu, faktor utama lain yang tak kalah pentingnya adalah lokasi properti yang sesuai dengan tempat mereka beraktivitas.

Johanes Thung, Senior Sales and Business Development Pinhome mengatakan kalau salah satu hal yang harus diperhatikan generasi milenial dalam mencari rumah pertama adalah luas tanah dan luas bangunan.

Untuk pasangan suami-istri yang baru menikah, mungkin luas tanah sekitar 60m2 dengan dua kamar tidur dirasa sudah cukup.

Baca juga: 6 Hal Penting yang Perlu Ditanyakan ke Developer Sebelum Membeli Rumah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com