Kompas.com - 14/11/2021, 09:33 WIB
Ilustrasi membeli rumah. FREEPIK/JCOMPIlustrasi membeli rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli rumah pertama bisa terasa seperti tugas besar dan menakutkan, padahal tidak harus demikian.

Selama memiliki rencana, pengembang yang tepat, dan tahu persis apa yang perlu dilakukan, proses pembelian rumah pertama akan lebih mudah. Jalani langkah setiap langkahnya. 

Untuk membantu menentukan langkah-langkah tersebut, para profesional real estate membagikan langkah mempersiapkan pembelian rumah pertama seperti dilansir dari Hunker, Minggu (14/11/2021). 

Baca juga: 6 Hal Penting yang Perlu Ditanyakan ke Developer Sebelum Membeli Rumah 

Perhatikan baik-baik keuangan dan anggaran 

Kerry Melcher, pakar real estate internal dan kepala pialang dan penjualan di Opendoor mengatakan sebelum mulai melihat rumah, lihat keuangan yang dimiliki. 

"Inilah saatnya menjadi seobjektif mungkin dan memahami apa yang Anda mampu. Pemberi pinjaman hipotek akan membantu memahami apa yang Anda mampu dan berapa biaya maksimum yang dimiliki, tetapi tugas Anda adalah mengetahui batasan dan preferensi pribadi Anda."

Senada dengan Melcher, Mason Miranda, spesialis industri kredit di Credit Card Insider, mengatakan inilah saatnya membuat anggaran dan mulai menabung sebanyak mungkin.

“Sertakan rasio utang dalam pendapatan (DTI) Anda sehingga tahu di mana berdiri ketika datang ke hutang lain yang belum dibayar,” sarannya. 

Baca juga: Ragam Hal yang Menghambat Generasi Milenial Belum Membeli Rumah  

Pilih agen real estate yang tepat

KaraLee Foat, seorang makelar dan broker, memberi tahu untuk mendapatkan agen real estate yang hebat untuk mewakili Anda guna berhasil memperoleh rumah pertama. 

"Pastikan jelas tentang siapa yang cocok dan bagaimana mereka dapat melayani Anda dengan baik dalam proses pembelian. Pastikan mengandalkan mereka dan mempercayai mereka untuk memandu Anda melalui proses tersebut."

Oren Farkash, pendiri dan CEO South Land Remodeling Los Angeles, mengatakan untuk mempertimbangkan menyewa kontraktor.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Hunker
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.