Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada DP 0 Persen, Saatnya Segera Membeli Rumah?

Kompas.com - 04/03/2021, 17:34 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah kembali memberikan insentif berupa penghapusan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) setelah sebelumnya merelaksasi Loan to Value (LTV) ke level 100 persen atau uang muka alias down payment atau DP 0 persen.

Pemerintah bahkan memberikan insentif penghapusan PPN tersebut hingga 100 persen bagi pembelian rumah serta apartemen siap huni.

Dengan demikian, pembelian rumah tapak atau rumah susun alias apartemen baru yang nilainya di bawah Rp 2 miliar akan dibebaskan PPN dan pengurangan PPN untuk rumah Rp 2 miliar hingga Rp 5 miliar sebesar 50 persen.

CEO Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghada menyebut, kebijakan ini akan memberikan manfaat bagi sektor properti, tidak hanya bagi pengembang, namun juga konsumen. 

Baca juga: Sekarang Paling Tepat Membeli Rumah? Ini Penjelasannya

"Konsumen harus melihat ini sebagai momen untuk membeli properti karena mungkin tidak akan ada lagi seperti ini dengan pembebasan PPN," kata Ali dalam keterangan tertulis, Kamis (4/3/2021).

Sementara itu, Plt Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Nixon LP Napitupulu mengatakan, sinyal kuat pertumbuhan sektor properti akan berlanjut pada tahun 2021. Menurutnya, sinyal itu sudah mulai terasa pada kuartal ketiga dan keempat 2020 lalu.

Pada periode akhir tahun lalu, Nixon menyebutkan permintaan KPR mulai merangkak naik sehingga tercatat lebih dari 122.000 unit rumah terjual di masa pandemi.

Penjualan terbaik pada masa pandemi, kata Nixon, terjadi untuk rumah-rumah subsidi hingga kelas menengah dengan harga di bawah Rp 500 juta. Bahkan, segmen tersebut mencatatkan kualitas kredit yang terjaga karena merupakan rumah pertama.

Baca juga: Survei: Suku Bunga KPR Jadi Pertimbangan Utama dalam Membeli Rumah

Adapun, pada tahun ini, BTN optimistis kredit akan tumbuh di level 7 hingga 9 persen.

“Kami melihat permintaan hunian pada kuartal akhir tumbuh jauh lebih baik dan adanya insentif dari pemerintah ini membuat kami kian optimistis di 2021,” tutur Nixon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com