Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Hidup Bersama Kucing Baik untuk Kesehatan? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 13/11/2021, 21:41 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

Sumber My Animals

JAKARTA, KOMPAS.com--Kucing adalah hewan peliharaan yang lucu dan sangat ingin tahu.  Namun, apakah Hidup bersama kucing baik untuk kesehatan? Berikut penjelasannya.

Hidup dengan kucing membawa cinta dan persahabatan tanpa syarat ke dalam hidupmu, tetapi apakah itu baik untuk kesehatan? Beberapa penelitian telah menunjukkan banyak manfaat yang mungkin tidak pernah kamu bayangkan.

Meskipun mereka memiliki reputasi sebagai hewan peliharaan yang mandiri dan cenderung jauh dari pemiliknya, kucing adalah teman yang tidak ada duanya. 

Baca juga: 4 Hal Aneh yang Disukai Kucing

Hidup dengan kucing baik untuk kesehatan

Meskipun kucing adalah hewan mandiri yang suka berkeliaran dan menjelajah dengan caranya sendiri, mereka juga sangat menyayangi pemiliknya dan orang-orang yang mereka percayai. Seberapa bermanfaatkah hidup dengan kucing bagi kesehatan?

Memiliki kucing sangat bermanfaat, karena para ahli mengatakan bahwa kucing memiliki kemampuan untuk menenangkan sistem saraf sembari mengisi hidupmu dengan kesenangan dan permainan.

Selain itu, mereka cenderung membantu mengurangi stres, yang berdampak sangat positif pada kesehatan jantung.

Dengan tindakan sederhana berbaring di pangkuanmu di penghujung hari, sambil menonton TV atau membaca buku, kucing menyebabkan otak melepaskan bahan kimia yang membantumu menghabiskan malam dengan santai dan beristirahat dengan nyenyak. Ini hanyalah salah satu dari banyak manfaat hidup bersama mereka.

Berikut adalah enam manfaat hidup bersama kucing bagi kesehatan seperti dilansir dari My Animals, Sabtu (13/11/2021).

1. Mengurangi stres dan kecemasan

Pemilik kucing tahu bahwa sesi berpelukan atau bermain mengubah hari yang buruk menjadi hari yang baik. Selain itu, bukti ilmiah menyebutkan bahwa dengkuran kucing dapat menenangkan sistem saraf dan menurunkan tekanan darah yang akhirnya mampu mengurangi gejala stres.

Baca juga: Alasan Kucing Takut Timun

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com