Kompas.com - 05/10/2021, 16:01 WIB
Ilustrasi rumah dengan garasi Unsplash/Ralph KellyIlustrasi rumah dengan garasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli properti sendiri seperti rumah, apartemen, dan sebagainya adalah hal yang diinginkan setiap orang.

Namun, ada banyak hambatan yang membuat seseorang belum bisa membeli properti, terutama para generasi milenial

Baca juga: 7 Alasan yang Membuat Generasi Milenial Belum Membeli Rumah

Marine Novita, Country Manager Rumah.com, mengatakan ada tiga hambatan utama yang membuat generasi milenial belum membeli rumah sendiri. 

"Yang menjadi hambatan utama bagi generasi milenial dalam membeli properti sendiri itu tidak memiliki cukup uang atau tabungan," kata Marine dalam virtual webminar Rumah.com bertajuk "Tren Hunian Pasca Pandemi Perubahan Perilaku Pencari Hunian dan Adaptasi Perilaku Industri", Selasa (5/10/2021).

Baca juga: Hal-hal yang Dipertimbangkan Generasi Milenial dalam Memilih Perumahan

Kedua, belum menikah. Hal ini membuat banyak milenial merasa belum perlu membeli rumah sendiri. Ketiga, masih ingin merawat orangtuanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tiga hal itu menjadi hambatan utama bagi milenial untuk pindah atau membeli properti sendiri," tambah Marine.

Selain tiga hal di atas, ada beberapa hal yang menjadi hambatan bagi generasi milenial untuk membeli rumah. 

Baca juga: Kenapa Rumah Minimalis Disukai Generasi Milenial?

Mulai dari, belum menemukan lokasi yang disukai atau tepat, harga rumah atau properti yang terlalu mahal, tidak familiar dengan proses membeli atau mencari rumah, merasa rumah keluarga masih muat untuk ditempati, hingga merasa lebih baik menempati rumah orang tua.

Hal itu pada akhirnya membuat sebagian milenial berpikir untuk menabung saja terlebih dahulu daripada membeli rumah atau mengambil KPR rumah. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.