Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali, 6 Penyebab Ikan Mas Koki Berubah Warna Jadi Hitam

Kompas.com - 08/11/2021, 08:14 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikan mas koki adalah salah satu ikan hias populer yang banyak dipelihara di rumah. Ikan ini tersedia dalam berbagai ukuran, bentuk, dan warna.

Seiring berjalannya waktu, Anda mungkin memperhatikan bahwa ikan mas koki berubah warna jadi hitam. Sampai batas tertentu kondisi ini normal, namun kemungkinan besar ikan mas koki berubah warna karena sakit.

Dilansir dari Betta Care Fish Guide, Senin (8/11/2021), berikut beberapa penyebab ikan mas koki berubah warna jadi hitam dan solusinya.

Baca juga: 3 Penyebab Ikan Mas Agresif dan Menyerang Ikan Lain

1. Predisposisi genetik

Ikan mas koki hadir dalam berbagai warna. PetMD menjelaskan, variasi warna emas dikembangkan dari mutasi genetik pada ikan mas perak di China selama Dinasti Song.

Selama Dinasti Song, hanya bangsawan yang diizinkan memelihara ikan mas kuning, sementara rakyat jelata memelihara ikan mas oranye. Nama ikan mas berasal dari warna emas cerah yang pertama kali dikembangkan oleh ikan mas.

Ikan mas saat hadir dalam warna oranye, putih, kuning, biru-abu-abu, cokelat, dan hitam. Beberapa ikan mas memiliki berbagai warna.

Ikan mas koki secara alami cenderung memiliki variasi warna hitam. Seiring waktu, warna mereka bisa menjadi lebih hidup, dan mereka mungkin tampak lebih hitam daripada saat fase ikan remaja.

Baca juga: 4 Tips Merawat dan Memberi Makan Ikan Mas agar Tidak Mudah Mati

Beberapa ikan mas koki bahkan bisa menjadi lebih hidup warnanya ketika diberi makanan khusus untuk penambah warna.

Jika ikan mas koki Anda bukan varietas yang memiliki variasi warna hitam, maka tiba-tiba muncul bintik hitam tidak normal untuk ikan Anda. Misalnya, ikan mas koki yang berwarna oranye pekat dan cerah seharusnya tidak berubah menjadi hitam.

2. Tingkat amonia

Jika ikan mas koki Anda tidak memiliki variasi warna hitam secara alami, maka munculnya bintik hitam bisa sangat tidak normal. Jika kadar amonia di akuarium terlalu tinggi, ini dapat menyebabkan luka bakar kimia pada ikan mas koki.

Saat kadar amonia kembali normal, ikan mas koki akan mengembangkan bintik-bintik hitam di mana luka bakar kimia terjadi karena kulitnya menjadi gelap selama masa penyembuhan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com