Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenali, 6 Penyebab Ikan Mas Koki Berubah Warna Jadi Hitam

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikan mas koki adalah salah satu ikan hias populer yang banyak dipelihara di rumah. Ikan ini tersedia dalam berbagai ukuran, bentuk, dan warna.

Seiring berjalannya waktu, Anda mungkin memperhatikan bahwa ikan mas koki berubah warna jadi hitam. Sampai batas tertentu kondisi ini normal, namun kemungkinan besar ikan mas koki berubah warna karena sakit.

Dilansir dari Betta Care Fish Guide, Senin (8/11/2021), berikut beberapa penyebab ikan mas koki berubah warna jadi hitam dan solusinya.

1. Predisposisi genetik

Ikan mas koki hadir dalam berbagai warna. PetMD menjelaskan, variasi warna emas dikembangkan dari mutasi genetik pada ikan mas perak di China selama Dinasti Song.

Selama Dinasti Song, hanya bangsawan yang diizinkan memelihara ikan mas kuning, sementara rakyat jelata memelihara ikan mas oranye. Nama ikan mas berasal dari warna emas cerah yang pertama kali dikembangkan oleh ikan mas.

Ikan mas saat hadir dalam warna oranye, putih, kuning, biru-abu-abu, cokelat, dan hitam. Beberapa ikan mas memiliki berbagai warna.

Ikan mas koki secara alami cenderung memiliki variasi warna hitam. Seiring waktu, warna mereka bisa menjadi lebih hidup, dan mereka mungkin tampak lebih hitam daripada saat fase ikan remaja.

Beberapa ikan mas koki bahkan bisa menjadi lebih hidup warnanya ketika diberi makanan khusus untuk penambah warna.

Jika ikan mas koki Anda bukan varietas yang memiliki variasi warna hitam, maka tiba-tiba muncul bintik hitam tidak normal untuk ikan Anda. Misalnya, ikan mas koki yang berwarna oranye pekat dan cerah seharusnya tidak berubah menjadi hitam.

2. Tingkat amonia

Jika ikan mas koki Anda tidak memiliki variasi warna hitam secara alami, maka munculnya bintik hitam bisa sangat tidak normal. Jika kadar amonia di akuarium terlalu tinggi, ini dapat menyebabkan luka bakar kimia pada ikan mas koki.

Saat kadar amonia kembali normal, ikan mas koki akan mengembangkan bintik-bintik hitam di mana luka bakar kimia terjadi karena kulitnya menjadi gelap selama masa penyembuhan.

Anda harus memeriksa kadar kimia akuarium. Anda dapat menggunakan test kit sederhana atau test kit yang lebih rumit.

Ikan mas koki cenderung kuat dan dapat menangani fluktuasi kimia sedikit lebih baik daripada beberapa jenis ikan lainnya. Namun, mereka masih membutuhkan air untuk menjadi seimbang.

The Goldfish Sanctuary menjelaskan bahwa ikan mas berkembang biak dalam kondisi air sebagai berikut.

Menguji kadar bahan kimia air ikan mas koki secara teratur dapat membantu melindungi mereka dari kadar bahan kimia yang berpotensi fatal. Tingkat amonia bisa menjadi berbahaya jika kondisinya seperti ini.

  • memiliki terlalu banyak ikan di dalam akuarium sekaligus
  • memberi makan ikan secara berlebihan
  • materi akuarium alami seperti tanaman hidup yang membusuk
  • memiliki filtrasi yang buruk

Anda dapat mengelola kadar amonia dengan baik dengan sistem filtrasi yang tepat. Sebab, sistem filtrasi yang baik akan membantu menghilangkan amonia di dalam tangki.

Anda juga dapat membuang makanan yang tidak dimakan dan pembusukan tanaman secara teratur, jangan memberi makan ikan secara berlebihan dan pastikan untuk tidak mengisi akuarium dengan terlalu banyak ikan sekaligus.

3. Penyakit bintik hitam

Penyakit bintik hitam biasanya muncul sebagai bintik hitam besar pada tubuh ikan mas koki. Penyakit ini bersifat parasit, dan ikan mas koki di penangkaran dapat tertular dari siput tempat mereka berbagi akuarium.

Di alam liar, ikan mas koki juga dapat terkena penyakit bintik hitam dari keong atau kotoran burung yang mendarat di kolam.

Kista terbentuk saat parasit menembus kulit ikan mas. Kista dan sisik di sekitarnya tampak hitam, dan begitulah cara ikan mas koki mendapatkan bercak hitam di tubuhnya.


Sementara penyakit bintik hitam dapat berkembang pada sirip, seringkali penyakit ini lebih mudah diidentifikasi dengan bintik-bintik hitam pada tubuh.

Jika Anda memelihara ikan mas koki dan siput untuk dalam satu tempat, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter hewan tentang penyakit bintik hitam dan cara menjaga agar akuarium tetap aman.

4. Paparan cahaya

Ikan mas koki dapat berubah warna berdasarkan lingkungan dan sekitarnya. Jika akuarium tidak terkena cahaya atau berada di lingkungan yang lebih gelap, ikan mas koki bisa berubah warna menjadi hitam.

Ini karena sel-sel dalam sisiknya akan mulai menghasilkan warna yang lebih gelap karena lingkungan yang lebih gelap.

Ikan mas koki juga bisa kehilangan pigmen dan menjadi putih karena kurangnya paparan cahaya yang tepat. Ini tidak memengaruhi kesehatan ikan mas koki, meskipun secara estetika mungkin tidak menyenangkan bagi jika Anda tidak berniat untuk memiliki ikan mas hitam.

Untuk mengatasinya, Anda dapat menambahkan pencahayaan ke akuarium atau mencerahkan lingkungan.

5. Memberi makan secara berlebihan

Meskipun memberi makan secara berlebihan bukanlah penyebab langsung ikan mas koki berubah warna menjadi hitam, itu bisa menjadi faktor penyebabnya. Semakin banyak Anda memberi makan ikan mas koki, semakin banyak limbah yang dihasilkan.

Semakin banyak limbah yang dihasilkan, semakin tinggi kadar amonia di akuarium.

Memberi makan berlebihan dapat menyebabkan akuarium sangat kotor. Hindari memberi makan ikan mas koki secara berlebihan dan pastikan akuarium memiliki penyaringan atau filter yang tepat untuk membantu mencegah iritasi dari amonia pada ikan mas koki.

6. Stres

Lingkungan akuarium yang memicu stres dapat menyebabkan munculnya bintik-bintik hitam pada ikan mas koki.

Penindasan di antara ikan, dibuang oleh aliran filter, suhu air yang tidak memadai, dan lain-lain dapat memicu stres yang membuat ikan mas koki berubah warna menjadi hitam.

Dalam beberapa kasus, bintik-bintik hitam yang muncul pada ikan mas koki bisa jadi memar karena pertemuan kasar dengan teman akuarium lainnya.

Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk memindahkan ikan yang mengganggu ikan lain atau menjadi sangat kasar untuk menjaga kelompok yang lebih besar tetap aman.

Karena sifat ikan mas koki yang suka bermain dan ingin tahu, Anda mungkin perlu menyesuaikan beberapa dekorasi di akuarium agar lebih ramah terhadap ikan. Jika ada hiasan yang runcing atau kasar, ikan mas koki bisa memar saat berenang dan mencari makan.

Pastikan untuk mengamati tingkat kimia, suhu air, temperamen ikan, dan setiap perubahan yang terjadi di akuarium untuk menghilangkan penyebab stres dengan baik demi kesehatan dan keselamatan ikan mas koki Anda.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/08/081400976/kenali-6-penyebab-ikan-mas-koki-berubah-warna-jadi-hitam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke