Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mendekorasi Ruang Makan

Kompas.com - 17/10/2021, 08:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang makan menjadi salah satu area favorit di rumah yang digunakan untuk berkumpul sambil menyantap makanan. 

Karena itu, ruang makan perlu didekorasi dan ditata semenarik mungkin demi menciptakan kenyamanan menyantap makanan dan mengakrabkan hubungan keluarga.  

Baca juga: Tips Mendekorasi Ruang Makan Kecil

Salah satu hal yang dibutuhkan di ruang makan adalah meja dan kursi makan, tetapi meja dan kursi seperti apa? 

Sebelum menentukan furnitur ruang makan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan agar tidak salah memilih seperti jenis ruang makan dan seberapa sering menggunakan ruang makan. 

Melansir dari The Spruce, Minggu (17/10/2021), berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui sebelum memilih furnitur dan mendekorasi ruang makan.  

Baca juga: 3 Warna Cat yang Boleh dan Harus Dihindari di Ruang Makan 

Ukuran ruang makan

Ukuran ruangan menjadi faktor utama yang perlu diperhatikan saat mendekorasi ruang makan. Ruang makan yang luas dengan meja kecil akan terlihat dingin dan kosong, sedangkan ruang makan yang terlalu kecil dengan meja dan kursi besar akan terlihat sesak dan tidak menyenangkan.

Selalu ukur ruangan sebelum membeli furnitur dan ingatlah untuk menyisakan ruang yang cukup di sekitar furnitur untuk memudahkan bergerak. 

Jika ruangan cukup besar, Anda perlu mempertimbangkan memasukkan elemen dekorasi lain seperti tirai, bufet, atau lemari porselen. Jika ingin mengecilkan ukuran, gunakan tirai tebal, karpet besar, atau kursi berlengan yang lebih lebar. 

Baca juga: 5 Hal yang Harus Disiapkan Saat Mendekorasi Ruang Makan

Bagaimana menggunakan ruang makan

Ilustrasi ruang makanUnsplash/Spacejoy Ilustrasi ruang makan
Sebelum mulai melengkapi ruang makan, tentukan bagaimana Anda biasanya menggunakannya. Apakah akan digunakan setiap hari atau hanya sesekali untuk menghibur?

Ruang yang jarang digunakan dapat dilengkapi dengan sentuhan akhir dan kain perawatan tinggi, sementara ruang makan yang digunakan setiap hari harus lebih fungsional.

Carilah permukaan furnitur yang kokoh dan mudah dibersihkan jika memiliki anak kecil di rumah. Jika menggunakan ruang makan untuk bekerja, membaca, atau berkomunikasi, pertimbangkan menggunakan kursi yang nyaman. 

Baca juga: Panduan Menata Ruang Makan Menurut Feng Shui 

Cara mendekorasi ruang makan 

Setelah menemukan cara terbaik menggunakan ruang makan sesuai dengan kebutuhan dan jumlah ruangan yang dimiliki, mendekorasi ruang makan akan lebih mudah. Ini tentang fungsionalitas dan preferensi pribadi Anda.

Untuk ruang makan yang besar, Anda mungkin ingin membagi area yang luas menjadi lebih kecil secara visual dengan bantuan karpet dan tirai. 

Baca juga: Panduan Mendekorasi Ruang Makan Minimalis

Selain itu, membeli furnitur berukuran lebih besar. Tirai tebal dan warna cat juga dapat membantu. Idenya bukan untuk membuat ruang makan tampak kecil, melainkan lebih nyaman dan mengundang.

Buka ruang yang lebih kecil dengan menggunakan warna yang memberikan latar belakang yang membuat ruangan terlihat lebih besar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com