Kompas.com - 16/10/2021, 21:37 WIB
Ilustrasi anjing shutterstockIlustrasi anjing

JAKARTA, KOMPAS.com--Anjing dikenal sebagai hewan pemakan segalanya. Karena itu ia bisa saja memakan makanan manusia yang ternyata beracun bagi mereka.

Pasalnya, beberapa makanan sebenarnya tidak boleh diberikan pada anjing karena akan berdampak buruk pada kesehatan Si Doggy.

Berikut adalah beberpa makanan yang bisa bisa membuat anjing keracunan seperti dilansir dari Love to Know, Sabtu (16/10/2021).

Baca juga: Berapa Lama Anjing Peliharaan Bisa Ditinggal Sendirian di Rumah?

1. Alkohol

Minuman beralkohol atau makanan yang mengandung alkohol tidak sesuai untuk hewan peliharaan dalam dosis apa pun.

Para ahli di VetStreet.com mencatat bahwa bahkan sejumlah kecil alkohol dapat menyebabkan depresi sistem saraf pusat, muntah, koma atau kematian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Cokelat, permen, dan permen karet

Menurut Humane Society, Xylitol, pemanis buatan dalam produk seperti cokelat, permen karet, permen, makanan yang dipanggang, dan pasta gigi, dapat menyebabkan pelepasan insulin pada anjing, yang menyebabkan hipoglikemia dan gagal hati.

Tanda-tanda awal toksikosis dapat berupa muntah, lesu, dan kehilangan koordinasi, tetapi anjing juga dapat mengalami kejang. Beberapa hari setelah terpapar, anjing mungkin juga menderita peningkatan enzim hati dan gagal hati.

3. Kopi, soda, dan teh

Pastikan bahwa zat apa pun yang mengandung kafein dijauhkan dari jangkauan anjing Anda. Pusat Pengendalian Racun Hewan mencatat kafein beracun bagi anjing, menyebabkan muntah, peningkatan denyut jantung, hipertermia, tremor, kejang, dan bahkan kematian.

Baca juga: Apakah Anjing Merasa Nyaman saat Mengenakan Kalung?

4. Jagung rebus

Meskipun jagung rebus tidak beracun bagi teman anjing, namun bahan makanan ini harus dihindari oleh anjing.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.