Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Anjing Memakan Rumput, Benarkah karena Sedang Sakit?

Kompas.com - 09/10/2021, 08:07 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com--Kebanyakan anjing sangat suka melakukan aktivitas di luar ruangan. Namun tak jarang pemilik melihat Si Doggy kedapatan sedang makan rumput.

Hal ini terasa aneh mengingat kebanyakan anjing lebih suka makan daging atau ikan, meski demikian, perilaku ini adalah perilaku yang sangat umum untuk anjing di segala usia.

 

Apakah makan rumput pertanda penyakit?

Dilansir dari Cuteness, Sabtu (9/10/2021), makan rumput dapat menyebabkan anjing terkadang muntah, yang membuat banyak orang menganggap bahwa anjing yang memakan rumput adalah tanda penyakit, atau gejala anjing tidak enak badan.

Namun, Pusat Hewan Amerika (VCA) menjelaskan bahwa dalam penelitian, hanya 10% anjing yang tampak tidak sehat sebelum makan rumput. Terkait, VCA mencatat bahwa berdasarkan penelitian ini, kurang dari 25% anjing muntah setelah makan rumput atau menunjukkan tanda-tanda penyakit.

Berdasarkan informasi ini, secara umum dipahami bahwa anjing tidak memakan rumput untuk mencoba mengobati sendiri sakit perutnya. Bagi kebanyakan anjing, makan rumput sesekali bukanlah masalah besar, tetapi ini bisa menjadi masalah bagi anjing dengan alergi rumput.

Jika kamu tahu anjingmu memiliki alergi yang tidak dapat diatasi, ada baiknya kamu berbicara dengan dokter hewan tentang berapa lama anjing suka makan rumput dan jika perlu membatasi perilakunya.

Baca juga: Berapa Kali Sebaiknya Anjing Dimandikan?

Makan rumput juga bisa menjadi masalah perilaku untuk anjing. Anjing mungkin makan rumput sebagai respons bosan atau bahkan cemas. Dalam kasus ini, makan rumput seringkali kronis dan obsesif, dan merupakan cara anjing mencoba menenangkan diri.

Ini bisa menjadi tanda bahwa anjing membutuhkan lebih banyak perhatian, aktivitas, atau stimulasi mental di hari mereka. Menghabiskan waktu dengan sengaja untuk bermain-main dengan anjing adalah cara yang bagus untuk melatih mental dan fisik anjing, dan dapat membantu mencegah atau menghentikan makan rumput yang obsesif.

Apakah wajar jika anjing memakan rumput?

Mungkin aneh melihat anjing mengunyah rumput karena kebanyakan kita menganggap anjing sebagai pemakan daging, tetapi anjing tidak sepenuhnya karnivora, mereka adalah omnivora.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com