Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/09/2021, 16:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing adalah salah satu hewan peliharaan favorit di seluruh dunia. Anjing memiliki sifat setia terhadap pemiliknya, menjadikannya sahabat yang baik bagi manusia.

Sebelum memutuskan untuk memelihara anjing, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah sifat anjing, apakah mudah dilatih atau tidak.

Beberapa ras anjing tertentu dikenal lebih sulit untuk dilatih ketimbang ras lainnya, misalnya pelatihan untuk buang air di kamar mandi atau berlari dan berolahraga.

Baca juga: Kenali, 4 Jenis Cacing yang Menyerang Anjing

Jika Anda tidak ingin mengeluarkan uang untuk melatih anjing yang dilakukan oleh profesional atau Anda kesulitan untuk melatih anjing secara intensif, ada beberapa ras anjing yang cenderung mudah untuk dilatih.

Dilansir dari The Scotsman, Selasa (28/9/2021), berikut daftar ras anjing yang mudah dilatih menurut America Kennel Club (AKC).

Ilustrasi anjing Border Collie. PIXABAY/SOLOSTAR Ilustrasi anjing Border Collie.

1. Border Collie

Ada alasan mengapa ras anjing Border Collie menjadi andalan untuk menggembala hewan ternak seperti domba. Ras anjing ini sangat cerdas dan dapat mudah belajar.

2. Pudel

Pudel adalah anjing yang menggemaskan, banyak pemilik anjing ini memangkas bulunya menjadi beragak bentuk yang lucu. Akan tetapi, perilaku anjing ini sangat menyenangkan dan selalu ingin belajar.

Baca juga: 6 Ras Anjing dengan Telinga Panjang yang Lucu dan Menggemaskan

3. German Shepherd

Ras anjing German Shepherd adalah favorit bagi polisi dan tentara sebagai anjing pelacak. Anjing ini adalah salah satu anjing pekerja keras dan dapat belajar dengan cepat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com