Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Rekomendasi Warna Cat untuk Kamar Tidur Anak yang Menenangkan

Kompas.com - 15/10/2021, 12:40 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna cat dapat mengubah suasana dan tampilan ruangan secara signifikan, termasuk kamar tidur anak. 

Tak hanya itu, menurut psikolog warna, warna dapat memiliki efek cukup signifikan pada jiwa serta mempengaruhi segalanya, dari suasana hati, kondisi psikologis, hingga kesejahteraan fisik.

Baca juga: 6 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Mengubah Dekorasi Kamar Anak

Namun, memilih warna cat untuk kamar anak tidak hanya berfokus pada warna yang disukai si buah hati, tapi juga warna yang memberi kenyaman dan ketenangan sehingga bisa meningkatkan kualitas tidur anak. 

Melansir dari The Spruce, Jumat (15/10/2021), berikut ini delapan rekomendasi warna cat untuk kamar anak yang menenangkan.  

Baca juga: 6 Tips Menjaga Kamar Anak Tetap Bersih dan Rapi 

Biru tenang

Seperti laut yang tenang atau langit yang tak berawan, nuansa biru yang lembut cenderung menenangkan pikiran dan tubuh.

Paparan warna biru telah diketahui dapat menurunkan tekanan darah secara fisik, detak jantung dan pernapasan, juga mendinginkan tubuh dan mempersiapkannya untuk tidur. 

Selain itu, biru mengurangi perasaan cemas dan agresif sehingga menjadikannya "salep" alami untuk bayi baru lahir yang gugup dan balita yang rentan mengamuk.

Konon, jika menciptakan ruang yang berpusat pada tidur adalah tujuan Anda, hindari warna biru tua. Sementara itu, biru terang hingga sedang mendorong tidur. Warna-warna lembut dan menenangkan seperti aqua adalah pilihan yang jauh lebih aman. 

Baca juga: 5 Langkah Memberikan Keamanan di Dalam Kamar Anak 

Warna netral

Ilustrasi kamar tidur anak perempuanUnsplash/Collov Home Design Ilustrasi kamar tidur anak perempuan
Nuansa netral memiliki efek membumi yang hangat dan bisa sangat bagus untuk menciptakan suasana yang nyaman di kamar anak.

Warna netral seperti krem dan cokelat yang bersahaja memberi bayi istirahat yang cukup, bersantai, hingga menunjang kualitas tidur. muted 

Baca juga: Simak, Cara Dekorasi Kamar Anak Menurut Feng Shui

Ungu pucat

Terkait dengan kebijaksanaan dan spiritualitas, ungu menggabungkan sifat menenangkan biru dengan feminitas pengasuhan merah muda atau pink.

Warna-warna seperti lavender dan lilac menciptakan suasana lembut dan tenang, tetapi hanya dalam nuansa yang sangat pucat.

Untuk memastikan memilih ungu terbaik, pilih rona yang setidaknya satu tingkat lebih terang dari pilihan awal dan Anda akan lebih bahagia dengan hasilnya. 

Baca juga: 12 Cara Mudah Dekorasi Kamar Anak Perempuan yang Beranjak Remaja 

Putih lembut

Putih lembut dapat membangkitkan perasaan tenang dan damai. Untuk menciptakan putih yang menenangkan, pikirkan shabby chic.

Hindari warna putih biru yang keras untuk kamar anak. Sebaiknya, pilih warna krem seperti gading lembut dan putih antik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com