Kompas.com - 13/03/2021, 10:37 WIB
Ilustrasi tempat tidur tingkat di kamar anak. SHUTTERSTOCK/SCOTT-LEEIlustrasi tempat tidur tingkat di kamar anak.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesehatan merupakan salah satu faktor utama yang harus dipertimbangkan saat mendekorasi kamar anak. Mulai dari pemilihan cat, furnitur, hingga aksesori lainnya harusnya memiliki keamanan untuk menjaga kesehatan anak.

Saat ini teknologi memberikan inovasi untuk memperbaiki rumah, termasuk dalam kategori anak-anak.

Dilansir dari House Beautiful, Sabtu (13/3/2021), ada beberapa cara untuk meningkatkan standar keamanan dan kesehatan dalam kamar anak sebagai berikut. 

Baca juga: Ide Dekorasi Kamar Anak Perempuan, dari Bayi hingga Remaja

1. Cat Dinding

Jika Anda belum melakukannya, cat dinding Anda dengan cat organik tanpa VOC. Tidak hanya lebih sehat, ini juga dapat mempercepat proses dekorasi, yakni lebih sedikit waktu menunggu asap mengering berarti Anda dapat masuk lebih cepat.

Sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam Journal of Occupational & Environmental Medicine menemukan hubungan antara ibu dan anak yang terpapar VOC seperti benzena yang ditemukan pada cat yang lebih tua dan gangguan perkembangan.

Jika rumah Anda dibangun sebelum 1978, berhati-hatilah saat mengecat dan periksa cat timbal sebelum memulai renovasi atau proyek perbaikan rumah.

2. Biarkan Terang

Yang harus diperhatikan untuk meningkatkan keamanan kamar anak adalah suhu cahaya memengaruhi kesehatan anak Anda.

 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Furnitur untuk Kamar Anak

Cahaya biru membuat otak tetap terjaga dan fokus, sedangkan cahaya hangat meningkatkan relaksasi dan mempersiapkan otak untuk tidur. Teori yang sama berlaku untuk bola lampu di kamar anak Anda, gunakan lampu berwarna hangat agar mereka bisa cepat tertidur.

3. Pilih Serat Alami

Saat bayi tumbuh, semuanya menjadi mainan. Pilihlah furnitur yang tidak diolah atau tidak beracun yang terbuat dari bahan alami saat bayi mulai tumbuh gigi. 

Selain itu, pilih semua furnitur melengkung pada bagian sudutnya sehingga tidak akan membahayakan mereka.

Perhatikan juga apa yang ada di bawah kaki Anda. Serat alami yang mudah dibersihkan, seperti wol, adalah pilihan tepat untuk karpet yang tidak mengeluarkan bahan kimia berbahaya seperti formaldehida.

Serta gunakan bantalan anti selip agar tidak tergelincir di bawah kaki si kecil.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X