Kompas.com - 11/02/2021, 13:30 WIB
Ilustrasi tempat tidur tingkat di kamar anak. SHUTTERSTOCK/SCOTT-LEEIlustrasi tempat tidur tingkat di kamar anak.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur anak-anak harus menjadi tempat yang nyaman, sehingga mereka bisa beristirahat serta melakukan kegiatan yang disukainya dengan senang.

Namun, tak hanya sekadar mendekorasi saja, dalam kamar anak harus dipastikan energi yang mengalir di dalam kamar agar si kecil bisa tumbuh dengan senang dan bahagia.

Dilansir dari Decortips, Kamis (11/2/2021), untuk mendekorasi kamar anak, Anda bisa menggunakan fengshui agar menciptakan ruang harmonis.

Baca juga: Cara Mendekorasi Satu Kamar Tidur untuk Dua Anak

Feng shui adalah filosofi oriental yang mempelajari aliran energi dalam ruangan untuk mencapai harmoni dan keseimbangan.

Ini didasarkan pada penggunaan warna dan bahan yang benar serta penataan furnitur dan aksesori, yang akan memungkinkan "chi" atau energi vital memasuki setiap area rumah Anda.

Untuk mencapai tujuan ini, salah satu alat utamanya adalah peta bagua, sejenis peta energi rumah Anda yang menghubungkan setiap area dengan aspek fundamental kehidupan Anda. Ini membagi ruang menjadi sembilan area, dan menghasilkan diagram yang dapat diterapkan ke ruangan mana pun.

Warna terbaik untuk kamar tidur anak

Pakar desain interior merekomendasikan warna-warna netral untuk kamar tidur anak-anak. Anda dapat menggunakan aksesori dengan warna favorit mereka melalui bantal, seprai, karpet, atau detail dekoratif lainnya.

Baca juga: 12 Cara Mudah Dekorasi Kamar Anak Perempuan yang Beranjak Remaja

Anda harus berhati-hati dengan warnanya, terutama jika Anda belum pernah mempelajari cara mengaplikasikan feng shui pada sebuah ruangan.

Bergantung pada tanggal lahir anak Anda, mereka termasuk dalam satu elemen atau lainnya. Misalnya, jika anak Anda dari elemen Api dan Anda mendekorasi dengan warna dingin dari elemen air, seperti biru, akan ada masalah kromatik dan elemen.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan warna-warna netral.

Tempat tidur

Kemudian, salah satu elemen utama dalam kamar tidur anak adalah tempat tidur. Itu harus menjadi tempat di mana mereka bisa beristirahat dan merasa aman. Tempat tidur harus memiliki sandaran kepala yang kokoh sebagai penopang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Decortips
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X