Kompas.com - 16/06/2021, 17:50 WIB
Ilustrasi pupuk NPK, pupuk NPK mutiara. SHUTTERSTOCK/SOMPRASONG WITTAYANUPAKORNIlustrasi pupuk NPK, pupuk NPK mutiara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pupuk NPK Mutiara 16-16-16 adalah salah satu jenis pupuk yang umum digunakan pekebun dalam proses pemupukan tanaman.

Pupuk ini adalah pupuk kimia yang terdiri atas kandungan nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K) sebanyak 16 persen sehingga dinamakan pupuk NPK 16-16-16. 

Baca juga: Pupuk Daun Alternatif untuk Aglonema Tanpa Modal

Namun, di balik tingginya minat pekebun terhadap penggunaan pupuk NPK 16-16-16, pupuk ini malah dimanfaatkan tidak baik oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab.

Tidak sedikit pupuk NPK 16-16-16 yang dijual di pasaran saat ini ada yang palsu sehingga merugikan konsumen dan tanaman. 

Agar tidak tertipu dan merugikan tanaman, berikut cara membedakan pupuk NPK 16-16-16 asli dan palsu dikutip dari kanal YouTube Santa Karya TV, Rabu (16/6/2021). 

Baca juga: Beragam Manfaat Pupuk Gandasil B untuk Tanaman

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahan-bahan yang diperlukan

  • Gelas kecil
  • Air bersih
  • Sendok
  • Pupuk NPK 16-16-16 yang kamu miliki

Cara membedakan pupuk NPK 16-16-16 asli dan palsu

  • Tuang air ke dalam gelas

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk membedakan pupuk NPK 16-16-16 asli dan palsu adalah menuangkan air bersih ke dalam gelas. Tuang air melebihi sedikit setengah volume gelas. 

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Nasi Basi

  • Masukkan pupuk ke gelas

Masukkan dua sampai tiga sendok makan pupuk NPK 16-16-16 ke segelas air. Setelah itu, diamkan pupuk NPK terendam di dalam gelas berisi air selama beberapa menit untuk memastikan keasliannya.

  • Aduk pupuk NPK

Setelah direndam, aduk butiran granular pupuk NPK 16-16-16 sampai larut merata. Untuk pupuk NPK 16-16-16 asli, butiran granularnya akan larut bersama air tanpa sisa. Air pun menjadi biru pekat. 

Baca juga: Langkah Membuat Pupuk Organik Cair untuk Tanaman Cabai

Namun, untuk pupuk NPK 16-16-16 palsu, butiran granularnya tidak bisa larut merata dengan air. Butiran granular pupuk NPK palsu hanya akan berubah warna, dari yang awalnya berwarna biru menjadi putih kemerahan.

Hal ini membuktikan bahwa pupuk NPK 16-16-16 palsu hanya menggunakan butiran granular pupuk lain yang diberi pewarna serupa dengan pupuk NPK palsu. 

Baca juga: Ingin Menanam Tomat? Ini Jenis Pupuk dan Aturannya agar Tumbuh Subur

  • Pastikan harga pupuk NPK tidak murah

Jika mendapatkan pupuk NPK 16-16-16 dengan harga lebih murah dari biasanya, kamu perlu mencurigai dan tidak tertarik membelinya karena kemungkinan itu adalah pupuk palsu.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X