Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/04/2021, 14:50 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk bisa membuat aglonema yang kamu miliki tumbuh subur dan rimbun, penting bagimu untuk melakukan pemupukan secara rutin.

Dalam proses pemupukan aglonema, kamu tidak harus selalu menggunakan beragam macam pupuk kimia, karena pupuk alami bisa menjadi pilihan alternatif yang juga mampu menunjang pertumbuhan aglonema.

Menggunakan pupuk alami untuk pemupukan aglonema justru dinilai lebih aman dan hemat biaya, karena pupuk alami dapat kamu buat dari bahan sisa dapur yang dianggap tak lagi terpakai.

Baca juga: Cara Merawat Aglonema agar Subur dan Banyak Akar

Dilihat dari kanal Youtube, Hobi Bunga, Selasa (27/4/2021), kulit bawang, cangkang telur, dan air bekas cucian beras bisa kamu jadikan sebagai pupuk alami untuk aglonema yang membuatnya tumbuh rimbun dan subur.

Apabila kamu tertarik untuk mencobanya, terdapat tata cara pembuatan pupuk alami dari campuran kulit bawang, cangkang telur, dan air cucian beras, berikut di antaranya:

Kulit bawang

Siapkan kulit bawang sebanyak 1 genggaman, atau sekitar 5-8 gram. Kamu bisa menggunakan kulit bawang putih atau bawang merah atau mencampur keduanya.

Cangkang telur

Siapkan cangkang telur atau kulit telur yang sudah tidak terpakai sebanyak 3-4 cangkang telur. Pastikan cangkang telur kamu jemur terlebih dahulu untuk menghilangkan sisa lengket dari telur.

Baca juga: 5 Tips Membuat Aglonema Bisa Cepat Beranak

Air bekas cucian beras

Siapkan air bekas cucian beras sebanyak 2 liter.

Cara pembuatan

1. Rendam 5-8 gram kulit bawang ke dalam 1 liter air. Rendam selama 1×24 jam. Setelah direndam, air rendaman kulit bawang akan berubah menjadi sedikit kemerah-merahan.

2. Tumbuk atau haluskan 3-4 cangkang telur yang sudah dijemur sebentar hingga halus seperti pasir.

3. Masukkan cangkang telur yang sudah dihaluskan ke dalam air cucian beras. Aduk rata sampai tercampur.

Khasiat dari cangkang telur mengandung lebih dari 90 persen kalsium yang sangat berguna bagi tanaman untuk memperkuat batang, daun, dan mengkokohkan akarnya.

Selain itu juga, cangkang telur dapat membuat pH netral pada media tanam, karena pH yang terlalu asam atau keasaman yang terlalu tinggi pada media tanam itu akan merusak tanaman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com