Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/06/2021, 15:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Hills Pets

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemampuan berenang merupakan naluri alami yang dimiliki anjing. Namun, ada beberapa ras anjing yang tidak memiliki kemampuan berenang.

Beberapa memerlukan latihan terlebih dulu, bahkan ada ras anjing yang tidak bisa berenang sama sekali meski telah dilatih. 

Baca juga: Apakah Semua Anjing Bisa Berenang? Ini Cara Melatihnya

Menurut American Kennel Club (AKC) atau Badan Pengasuhan Anjing Amerika Serikat, ras anjing yang tidak bisa berenang biasanya cenderung memiliki beberapa karakteristik serupa.

Misalnya, ras Brachycephalic. Ras anjing ini mempunyai bentuk wajah datar atau moncong sangat pendek sehingga umumnya tidak bisa berenang karena terlalu mudah menelan air dari hidung dan membuat mereka berisiko tenggelam.

Baca juga: Kenali Tanda Kulit Anjing Terbakar Sinar Matahari dan Risikonya

Sebaliknya, anjing dengan tubuh besar berbentuk tong akan berjuang untuk tetap mengapung seperti halnya anjing dengan tubuh panjang dan kaki pendek. 

Namun, anjing dengan bulu yang panjang dan sangat tebal akan lebih sulit berenang. Akhirnya, beberapa ras anjing tidak dapat menahan goncangan pada sistem mereka yang disebabkan air dingin saat berenang.

Melansir dari laman Hillspet, Rabu (16/6/2021), berikut ini enam ras anjing yang tidak bisa berenang dan lebih suka bermain di daratan. 

Baca juga: Bolehkan Anjing Menggunakan Sunscreen? Ini Penjelasannya

Bulldog

Ilustrasi ras anjing bulldogUnsplash/Josue Michel Ilustrasi ras anjing bulldog
Baik English bulldog maupun French bulldog memiliki ancaman rangkap tiga, yaitu wajah datar, tubuh berbentuk tong, dan kaki pendek. Kondisi tubuh itu membuat Bulldog tidak bisa berenang.

Baca juga: Ingin Mengadopsi Anjing? Perhatikan 5 Hal Ini Dulu 

Memiliki satu bentuk tubuh saja bisa membuat anjing kesulitan berenang, apalagi tiga. Tak heran, jika Bulldog menjadi raja di negeri ras anjing yang tidak bisa berenang.

Bull terrier

ilustrasi anjing Bull terrierUnsplash/Magdalena Smolnicka ilustrasi anjing Bull terrier
Meski termasuk dalam kelompok Terrier aktif, kombinasi kaki pendek dan dada yang condong ke dalam membuat Bull terrier membutuhkan perjuangan untuk bertahan di air.

Baca juga: 5 Penyebab Anak Anjing Terus-menerus Kencing 

Bahkan sepupu dekatnya, Staffordshire bull terrier, yang jauh lebih besar, tidak serta merta menjadi perenang yang lebih baik karena mempunyai otot yang padat, bobot tubuh berat, dan kepala besar menghadirkan tantangan bagi ras anjing ini berada di dalam air.

Basset Hound

Ilustrasi anjing Basset HoundUnsplash/Casper Coomans Ilustrasi anjing Basset Hound
Selain fakta bahwa tubuh Basset hound tidak dirancang untuk berenang, yakni kepala besar dan kaki pendek yang membuatnya sulit untuk tetap mengapung, telinga besar terkulai yang merupakan ciri khas dari ras anjing ini juga rentan terhadap infeksi saat air masuk ke liang telinganya. 

Baca juga: Bukan karena Melihat Hantu, Ini Alasan Anjing Melolong

Untuk itu, ras anjing ini tidak bisa berenang dan tidak dianjurkan bermain di kolam. Mereka lebih menyukai main di daratan.

Boxer

Ilustrasi anjing boxerUnsplash/Jan Haerer Ilustrasi anjing boxer
Banyak yang mengira anjing Boxers adalah perenang alami. Namun, wajah datar dan hidung pesek yang dimiliki Boxer membuat berenang menjadi hal berbahaya bagi ras anjing ini. 

Baca juga: Jangan Lakukan 5 Hal ini Saat Mengajak Anjing Berjalan-jalan

Perjuangan untuk bernapas dan menjaga hidung mereka tetap di atas air membuat Boxer bisa cepat lelah dan berisiko tenggelam jika terlalu lama berada di dalam air. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com