Kompas.com - 16/06/2021, 15:45 WIB
Ilustrasi anjing berenang Unsplash/Marcia SoligoIlustrasi anjing berenang

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemampuan berenang merupakan naluri alami yang dimiliki anjing. Namun, ada beberapa ras anjing yang tidak memiliki kemampuan berenang.

Beberapa memerlukan latihan terlebih dulu, bahkan ada ras anjing yang tidak bisa berenang sama sekali meski telah dilatih. 

Baca juga: Apakah Semua Anjing Bisa Berenang? Ini Cara Melatihnya

Menurut American Kennel Club (AKC) atau Badan Pengasuhan Anjing Amerika Serikat, ras anjing yang tidak bisa berenang biasanya cenderung memiliki beberapa karakteristik serupa.

Misalnya, ras Brachycephalic. Ras anjing ini mempunyai bentuk wajah datar atau moncong sangat pendek sehingga umumnya tidak bisa berenang karena terlalu mudah menelan air dari hidung dan membuat mereka berisiko tenggelam.

Baca juga: Kenali Tanda Kulit Anjing Terbakar Sinar Matahari dan Risikonya

Sebaliknya, anjing dengan tubuh besar berbentuk tong akan berjuang untuk tetap mengapung seperti halnya anjing dengan tubuh panjang dan kaki pendek. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, anjing dengan bulu yang panjang dan sangat tebal akan lebih sulit berenang. Akhirnya, beberapa ras anjing tidak dapat menahan goncangan pada sistem mereka yang disebabkan air dingin saat berenang.

Melansir dari laman Hillspet, Rabu (16/6/2021), berikut ini enam ras anjing yang tidak bisa berenang dan lebih suka bermain di daratan. 

Baca juga: Bolehkan Anjing Menggunakan Sunscreen? Ini Penjelasannya

Bulldog

Ilustrasi ras anjing bulldogUnsplash/Josue Michel Ilustrasi ras anjing bulldog
Baik English bulldog maupun French bulldog memiliki ancaman rangkap tiga, yaitu wajah datar, tubuh berbentuk tong, dan kaki pendek. Kondisi tubuh itu membuat Bulldog tidak bisa berenang.

Baca juga: Ingin Mengadopsi Anjing? Perhatikan 5 Hal Ini Dulu 

Memiliki satu bentuk tubuh saja bisa membuat anjing kesulitan berenang, apalagi tiga. Tak heran, jika Bulldog menjadi raja di negeri ras anjing yang tidak bisa berenang.

Bull terrier

ilustrasi anjing Bull terrierUnsplash/Magdalena Smolnicka ilustrasi anjing Bull terrier
Meski termasuk dalam kelompok Terrier aktif, kombinasi kaki pendek dan dada yang condong ke dalam membuat Bull terrier membutuhkan perjuangan untuk bertahan di air.

Baca juga: 5 Penyebab Anak Anjing Terus-menerus Kencing 

Halaman:


Sumber Hills Pets
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X