Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Ras Anjing yang Tidak Bisa Berenang

Beberapa memerlukan latihan terlebih dulu, bahkan ada ras anjing yang tidak bisa berenang sama sekali meski telah dilatih. 

Menurut American Kennel Club (AKC) atau Badan Pengasuhan Anjing Amerika Serikat, ras anjing yang tidak bisa berenang biasanya cenderung memiliki beberapa karakteristik serupa.

Misalnya, ras Brachycephalic. Ras anjing ini mempunyai bentuk wajah datar atau moncong sangat pendek sehingga umumnya tidak bisa berenang karena terlalu mudah menelan air dari hidung dan membuat mereka berisiko tenggelam.

Sebaliknya, anjing dengan tubuh besar berbentuk tong akan berjuang untuk tetap mengapung seperti halnya anjing dengan tubuh panjang dan kaki pendek. 

Namun, anjing dengan bulu yang panjang dan sangat tebal akan lebih sulit berenang. Akhirnya, beberapa ras anjing tidak dapat menahan goncangan pada sistem mereka yang disebabkan air dingin saat berenang.

Melansir dari laman Hillspet, Rabu (16/6/2021), berikut ini enam ras anjing yang tidak bisa berenang dan lebih suka bermain di daratan. 

Memiliki satu bentuk tubuh saja bisa membuat anjing kesulitan berenang, apalagi tiga. Tak heran, jika Bulldog menjadi raja di negeri ras anjing yang tidak bisa berenang.

Bahkan sepupu dekatnya, Staffordshire bull terrier, yang jauh lebih besar, tidak serta merta menjadi perenang yang lebih baik karena mempunyai otot yang padat, bobot tubuh berat, dan kepala besar menghadirkan tantangan bagi ras anjing ini berada di dalam air.

Untuk itu, ras anjing ini tidak bisa berenang dan tidak dianjurkan bermain di kolam. Mereka lebih menyukai main di daratan.

Perjuangan untuk bernapas dan menjaga hidung mereka tetap di atas air membuat Boxer bisa cepat lelah dan berisiko tenggelam jika terlalu lama berada di dalam air. 

Ini karena kombinasi tubuh yang panjang, dada berbentuk tong, dan kaki pendek yang tidak proporsional. Jadi, yang terbaik adalah membiarkan mereka menikmati bermain di air dangkal.

Bahkan berenang di air dangkal dapat melelahkan kaki kecil Dachshund sampai ke titik bahaya. Awasi ras anjing ini saat berada di sekitar air dalam jumlah berapa pun.

Selain itu, bulu ini menutupi wajah yang membuat pernapasannya menjadi lebih sulit. Anjing imut ini juga bisa kedinginan bila terlalu lama di air.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/16/154522776/7-ras-anjing-yang-tidak-bisa-berenang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke