Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Fakta Menarik Tentang Anjing Shih Tzu yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 30/05/2021, 15:46 WIB
Lolita Valda Claudia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Shih Tzu (diucapkan sheed zoo) adalah salah satu ras anjing paling populer di dunia. Ia merupakan salah satu ras anjing paling tua dan berasal dari Tibet.

Anjing Shih Tzu memiliki bulu yang panjang dan menjuntai layaknya rambut tergerai.

Anjing shih tzu memiliki ukuran tubuh kecil dengan kaki dan moncong yang pendek. Keunikan pada bulu yang menyerupai rambut dan menutupi mata hingga telinga ini membuat banyak orang gemas dengannya.

Baca juga: Fakta Unik dan Menarik tentang Anjing Polisi

Bahkan tak sedikit orang yang menghias rambutnya dengan berbagai macam pita. Tak hanya lucu dan menggemaskan, anjing Shih Tzu juga memiliki sejumlah fakta unik.

Melansir dari laman American Kennel Club, Minggu (30/5/2021), berikut ini fakta-fakta menarik tentang anjing Shih Tzu yang perlu Anda ketahui

1. Garis keturunan

Anjing Shih Tzu telah ditemukan sejak 1.000 tahun lalu. Catatan menunjukkan bahwa anjing Shih Tzu sudah ada sejak 1.000 SM.

2. Berasal dari Tibet

Banyak orang salah kaprah mengira bahwa anjing Shih Tzu berasal dari Tiongkok, padahal sebenarnya ia berasal dari Tibet.

Baca juga: Ingin Mengadopsi Anjing? Perhatikan 5 Hal Ini Dulu

Diperkirakan Tibet memberikan anjing Shih Tzu kepada Kekaisaran China sebagai hadiah. Kemudian, masyarakat China mengawinkan mereka dengan anjing ras Peking atau Pugs untuk menciptakan Shih Tzu modern.

3. Tangkas

Di balik bulu-bulu panjangnya yang menyelimuti seluruh tubuh kecil anjing Shih Tzu, ia memiliki tubuh yang berotot dan ringan sehingga memudahkannya bergerak.

Bahkan, banyak anjing Shih Tzu telah memenangkan kompetisi ketangkasan. Pada tahun 2014, Shih Tzu menjadi yang pertama dari trahnya yang memenangkan gelar juara dan gelar kelincahan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com