Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/05/2021, 17:02 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com— Ingin bepergian menggunakan mobil dengan Si Doggy? Ada baiknya kamu mengetahui tips aman bepergian dengan anjing saat menempuh perjalanan darat dengan roda empat berikut ini.

Membawa anjing bepergian tidak bisa sembarangan. Karena, anjing yang tak terbiasa bisa saja merasa stres dan tidak nyaman karena harus naik mobil dan menempuh perjalanan jauh

Untuk perjalanan menggunakan mobil, yang terutama, pemilik harus memperhatikan keamanan bagi anjing agar bisa selamat sampai di rumah.

Untuk anjing yang belum terlatih, ada baiknya kamu membiarkan anjing berada di dalam kandang selama perjalanan.

Baca juga: Betulkah Anjing Berwarna Cokelat Lebih Berumur Pendek?

Dr Magdoline Awad, kepala dokter hewan di Greencross The Pet Company mengatakan, setelah meletakkan anjing dalam kandang, segera tutup kandang dengan kain. Ini akan mengurangi rangsangan visual karena perjalanan.

Meski ditutup dengan kain, ada baiknya kamu tetap memperhatikan sirkulasi udara untuk anjing.

Awad menambahkan, anjing bisa saja tidak tenang dalam perjalan karena beberapa alasan. Hal ini menyebabkan anjing menjadi merasa gelisah dan agresif saat berada di dalam mobil.

“Mungkin ada banyak alasan mengapa dia sekarang menunjukkan tanda-tanda ini. Kita perlu mencari tahu apakah dia cemas atau mual (atau keduanya) atau jika itu karena kondisi medis yang mendasarinya,” ujar Awad.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com