Kompas.com - 16/06/2021, 16:16 WIB
Ilustrasi bubuk kopi. PIXABAY/ELIASFALLAIlustrasi bubuk kopi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya dapat dinikmati, ternyata kopi juga memiliki sejumlah manfaat seperti kompos dan menghilangkan berbagai bau tak sedap di beberapa area rumah.

Selain itu, dilansir dari CNET, Rabu (16/6/2021), kopi juga bisa membantu menyuburkan beragam tanaman hias dan membersihkan sejumlah area di rumah. Nah, berikut ini manfaat kopi untuk sejumlah area di rumah.  

Baca juga: Air Kopi Bisa Menyuburkan Tanaman, Begini Cara Membuatnya

Taman

Keasaman dan aroma kopi yang kuat menjadikannya pengusir hebat berbagai hama di taman. Keasaman kopi dapat menjauhkan hewan pengganggu seperti siput dari taman.

Sementara itu, meletakkan bubuk kopi dengan beberapa kulit jeruk dapat menjauhkan taman dari kucing dan beberapa hewan pengerat.

Selain menjauhkan hama, bubuk kopi mampu menarik cacing yang membantu tanah menjadi subur dan memperkaya bagian bawah tanah. 

Baca juga: Ampas Kopi Lebih Ampuh Hilangkan Bau Kulkas daripada Baking Soda?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan, ampas kopi bekas juga bisa dijadikan pupuk tanaman. Bubuk kopi dapat meningkatkan kadar nitrogen, fosfor, kalium, magnesium, dan tembaga di tanah. Ini membuat bubuk kopi dapat menjadi pupuk alami yang baik bagi tanaman. 

Beberapa sayuran, seperti wortel atau lobak, yang diberikan bubuk kopi saat penanamnya dapat membantu perkecambahan dan mendorong pertumbuhan yang lebih sehat. Ini juga mengubah tingkat pH di tanah serta menghasilkan perubahan warna pada bunga seperti hydrangea. 

Baca juga: 4 Cara Membersihkan Noda Kopi yang Menempel di Meja

Dapur 

Jika memiliki bau aneh yang berasal dari freezer atau kulkas Anda, letakkan secangkir bubuk kopi yang tidak terpakai di dalam wadah. Bubuk kopi bisa menyerap bau pada freezer dan kulkas. 

Tak hanya itu, ampas kopi juga bisa menghilangkan noda yang melekat pada panci atau wajan. Caranya, masukkan sedikit ampas kopi ke dalam wajan atau panci yang terdapat noda, kemudian gosok menggunakan spons cuci piring. Setelahnya, cuci dan bilas untuk menghilangkan ampas kopi. 

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Noda Kopi pada Pakaian

Untuk menghilangkan bau bawang putih di tangan, Anda juga bisa menggunakan bubuk kopi yang digosokan di telapak tangan. Kopi akan menyerap bau dan menggantinya dengan aroma kopi.

Halaman:


Sumber CNET
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X