Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanah Seperti Apa yang Dibutuhkan Tanaman? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 15/04/2021, 08:43 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanah adalah sumber daya dan faktor yang penting untuk pertumbuhan semua tanaman. Namun, yang patut diketahui adalah tidak semua jenis tanah dapat digunakan dengan baik untuk tanaman.

Dilansir dari Chicago Tribune, Kamis (15/4/2021), dengan memahami tanah, akan memberikan informasi terkait dengan jenis tanaman apa yang bisa di tanah tersebut hingga penyiraman yang benar.

Tanah kebun juga dapat digunakan untuk mengubah dan meningkatkan tekstur dan kandungan nutrisi tanah asli Anda, namun tergantung dari tanaman yang akan ditanam nanti.

Baca juga: Tanaman Hias Indoor Harus Diberi Pupuk, Ini Panduannya

Lantas, tanah yang seperti apa yang paling baik untuk tanaman? Simak ulasannya berikut ini. 

Tanah Kebun vs Tanah Pot

Tanah kebun dan campuran pot adalah tanah dalam kantong yang digunakan untuk berkebun, tetapi memiliki tujuan yang berbeda tergantung pada apa dan bagaimana Anda tumbuh.

Tanah pot diformulasikan khusus untuk tanaman pot dan kebun kontainer, karena mengandung bahan organik seperti lumut gambut, serabut kelapa dan kulit pohon bersama dengan vermikulit atau perlit yang memberikan drainase yang memadai dan kelembapan yang seimbang.

Anda sebaiknya memilih pot tanah jika Anda menanam tanaman dalam wadah yang terpisah dari tanah, termasuk bedengan.

Baca juga: Udara di Dalam Rumah Kering? Letakkan 5 Tanaman Hias Ini

Tanah kebun diformulasikan untuk mengubah dan memperbaiki tanah asli di taman Anda. Biasanya mengandung campuran bahan organik seperti kompos, pupuk kandang dan kayu giling untuk meningkatkan kandungan mikroba mineral tanah Anda atau memperbaiki teksturnya.

Misalnya, tanah taman yang mengandung kayu halus atau gambut dapat membantu memecah tanah yang padat, tanah liat yang berat, dan tanah kebun yang kaya nutrisi dapat membantu tanah berpasir menahan air.

Tanah Organik vs Tanah Non-Organik

Ada beberapa perbedaan penting antara tanah organik dan non organik yang perlu Anda pertimbangkan saat membeli tanah dalam kantong untuk taman Anda.

Tanah organik dibuat dari bahan organik berbasis karbon seperti rumput laut, tepung ikan, sisa makanan, jamur, mulsa dan pupuk kandang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com