Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Tanaman Hias yang Tepat Sebelum Membeli

Kompas.com - 06/04/2021, 08:06 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengoleksi sekaligus merawat berbagai jenis tanaman hias, saat ini telah menjadi kegiatan atau hobi yang semakin masif dilakukan masyarakat.

Sejak awal pandemi Covid-19 pada tahun lalu, tren berkebun dan merawat tanaman hias diibaratkan sebagai sebuah kebutuhan untuk mengisi waktu luang saat harus tetap berada di rumah.

Dan apabila kamu adalah seorang pemula yang baru keranjingan untuk menanam dan merawat tanaman hias, mungkin kamu sedikit bingung untuk memilih yang terbaik saat akan membeli tanaman hias.

Baca juga: Simak, Tanaman Hias yang Dapat Meredakan Alergi di Dalam Rumah

Bagi seorang pemula, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih dan membeli tanaman hias, agar tidak keliru dan menyesal setelah membelinya.

Taulany, selaku pegiat tanaman hias dan pemilik Bullion Orchid menuturkan bahwa tips bagi pemula saat akan memilih tanaman hias adalah dengan melihat katakter dari tanaman hias itu sendiri.

"Dipastikan bagi pemula sebenarnya (melihat) karakter, mencoba untuk memilih karakter. Kalau untuk variegata, mereka perlu mencari variegata yang memang menarik, mulai dari corak, bentuk prosesnya juga, bentuk batang, bentuk daun," jelas Taulany ketika ditemui Kompas.com di kawasan Bojong Sari, Depok Jawa Barat, akhir pekan lalu.

Selain karakter tampilan, kesehatan daripada tanaman hias itu juga perlu diperhatikan. 

Baca juga: Ini Penyebab Harga Tanaman Hias Semakin Melambung

Dalam hal kesehatan, kamu perlu memeriksa apakah ada penyakit atau hama yang tengah menyerang tanaman hias yang ingin kamu pilih.

Jika tanaman terserang penyakit atau hama, hal itu membuat beberapa tampilan daun menjadi tampak tidak menarik, seperti layu dan warnanya tidak cerah.

Lalu, jangan lupakan kondisi akar tanaman hias itu sendiri. Pilih tanaman hias dengan akar yang menyatu dengan tanah atau media tanam.

Jika akar tanaman hias tampak mudah goyang, maka ada kemungkinan bahwa akar itu baru tumbuh sedikit atau di stek dari batang.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com