Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Tanaman Hias yang Dapat Meredakan Alergi di Dalam Rumah

Kompas.com - 05/04/2021, 16:55 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanpa disadari selain di luar rumah, udara di dalam rumah pun memiliki debu dan kualitas yang kurang baik.

Kualitas udara yang kurang baik, akan menyebabkan masalah kesehatan salah satunya alergi. Seseorang yang menderita alergi terhadap polutan atau serbuk sari akan mengalami bersin dan mata berair, sekali pun berada di dalam ruangan.

Dilansir dari Gardening Know How, Senin (5/4/2021), alergi ini dapat diatasi dengan menanam tanaman hias tertentu yang berfungsi mengumpulkan serbuk sari dan polutan di dalamnya. Sebab, beberapa tanaman ini juga dapat membantu membersihkan udara di dalam rumah.

Baca juga: Ini Penyebab Harga Tanaman Hias Semakin Melambung

Tanaman hias yang dapat menghilangkan alergi umumnya memiliki daun yang lebih besar dan membuat tampilan yang menarik di rumah Anda.

Sebagian besar perawatannya sangat mudah bahkan dapat menghilangkan bahan kimia berbahaya, seperti formaldehida, dari udara.

Letakkan di Sudut

Tanaman hias yang dapat membantu menghilangkan serbuk sari dan polutan dalam ruang memiliki dua keunggulan, beberapa di antaranya dapat membersihkan udara dan tidak ada yang menghasilkan serbuk sari berlebih untuk memperburuk alergi.

Sebab, tanaman yang menghasilkan serbuk sari akan berpotensi memperburuk penderita alergi jika tidak dirawat dengan benar.

Baca juga: Benarkah Menggoyangkan Tanaman Hias Bisa Membuatnya Lebih Subur?

Sebenarnya, setiap tanaman bisa menjadi penangkap debu jika Anda meletakkannya di sudut atau di rak dan menyiraminya sesekali.

Seka daun tanaman dengan tisu basah sekali seminggu atau lebih untuk mencegah penumpukan debu. Yang harus diperhatikan adalah hanya sirami tanah pada tanaman hias saat tanah terlihat kering jika disentuh sekitar 2,5 cm.

Kelebihan air menyebabkan tanah lembap secara konsisten dan ini bisa menjadi lingkungan yang sempurna untuk tumbuhnya jamur.

Lantas, jenis tanaman apa saja yang dapat meredakan alergi dalam ruangan? Berikut beberapa daftarrnya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com