Kompas.com - 05/04/2021, 12:39 WIB
Ilustrasi tanaman cabai di dalam pot. PIXABAY/LEELUUIlustrasi tanaman cabai di dalam pot.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam cabai di rumah kini banyak dilakukan masyarakat lantaran harga cabai melambung. Namun, ketika sudah menanam dan waktunya memanen, bagian ujung buah cabai yang membusuk pastinya membuat frustrasi.

Jika bagian bawah buah cabai membusuk, ini biasanya disebabkan kondisi yang dinamakan blossom end rot. Akan tetapi, jangan khawatir, sebab busuk ujung buah cabai ini bisa diperbaiki.

Apa penyebab ujung buah cabai membusuk?

Dilansir dari Gardening Know How, Senin (5/4/2021), busuk ujung buah cabai dapat disebabkan oleh kekurangan kalsium pada tanaman cabai. Kalsium dibutuhkan tanaman untuk membantu pembentukan dinding sel buah cabai.

Baca juga: 3 Resep Membuat Pestisida di Rumah, Pakai Cabai hingga Bawang Putih

Jika tanaman kekurangan kalsium atau jika buah cabai tumbuh terlalu cepat bagi tanaman untuk memasok cukup kalsium, bagian bawah cabai mulai membusuk, karena dinding selnya benar-benar runtuh.

Kekurangan kalsium pada tanaman yang menyebabkan busuk ujung bunga lada biasanya disebabkan oleh salah satu dari kondisi berikut ini.

  • Kekurangan kalsium di dalam tanah
  • Periode kekeringan diikuti air dalam jumlah besar
  • Penyiraman berlebihan
  • Nitrogen berlebih
  • Kelebihan kalium
  • Kelebihan natrium
  • Amonium berlebih

Baca juga: Tips Peremajaan Tanaman Cabai agar Kembali Produktif

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagaimana cara mencegah busuk ujung buah cabai?

Untuk membantu mencegah pembusukan ujung buah cabai, pastikan tanaman cabai Anda menerima air yang merata dan sesuai. Tanaman cabai membutuhkan sekitar 2-3 inci (5-7,5 cm) air seminggu jika ditanam di tanah.

Untuk membantu menjaga tanah di sekitar tanaman cabai tetap lembab di antara penyiraman, gunakan mulsa untuk membantu menjaga penguapan tetap rendah.

Langkah lain yang dapat Anda lakukan untuk menghindari pembusukan ujung buah cabai adalah dengan menggunakan pupuk yang lebih rendah nitrogen dan kalium serta tidak berbahan dasar amonia.

Anda juga dapat mencoba menipiskan buah yang sedang berkembang selama satu musim untuk membantu meratakan kebutuhan kalsium tanaman.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.