Kompas.com - 31/03/2021, 13:18 WIB
Ilustrasi aglonema red valentine. SHUTTERSTOCK/PUSPA WARNAIlustrasi aglonema red valentine.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak hanya terjadi pada manusia, tanaman aglonema yang kamu miliki dan kamu rawat di rumahmu bisa mengalami stres.

Aglonema yang mengalami stres merupakan satu dari sekian banyaknya permasalahan ketika seseorang merawat tanaman dari famili araceae tersebut.

Ketika aglonema mengalami stres, hal itu merusak tampilan cantik daunnya dan membuat permasalahan pada pertumbuhan aglonema itu sendiri.

Baca juga: Penyebab Tanaman Aglonema Menjadi Kerdil dan Cara Mengatasinya

Ciri-ciri aglonema yang mengalami stres adalah daunnya kerdil atau kecil-kecil, daun mudanya lebih kecil daripada daun sebelumnya, serta banyak warna kuning pada bagian atas daun atau daun mulai menguning.

Apabila beberapa pertanda di atas terjadi pada aglonema yang kamu miliki, maka kemungkinan aglonema milikmu mengalami stres.

Lantas bagaimanakah cara untuk mengatasi tanaman aglonema yang mengalami stres?

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilihat dari kanal Youtube Hobi Bunga, Rabu (31/3/2021), salah satu cara untuk mengatasi aglonema yang mengalami stres adalah memindahkannya ke tempat yang lebih teduh.

Baca juga: Cara Termudah Menjauhkan Hama Semut dan Serangga dari Aglonema

Aglonema yang mengalami stres itu biasanya karena terlalu terpapar cahaya matahari yang berlebih dan terlalu panas atau sering terkena hujan, atau kelebihan pupuk daun.

Untuk mengobati aglonema yang stres, kamu perlu menyemprotkan vitamin B1 pada sore atau pagi hari.

Untuk takarannya, cukup tuangkan setengah tutup botol vitamin B1 ke dalam air 1 liter pada botol semprot.

Setelah larutan vitamin B1 sudah selesai dibuat, kamu hanya tinggal menyemprotkannnya pada aglonema yang mengalami stres.

Vitamin B1 berfungsi menghilangkan stres pada hampir semua tanaman, termasuk aglonema.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X