Kompas.com - 31/03/2021, 10:41 WIB
Ilustrasi menghirup udara segar di rumah SHUTTERSTOCK/FIZKESIlustrasi menghirup udara segar di rumah

JAKARTA, KOMPAS.com — Musim panas yang kering sebentar lagi datang. Suasana panas membuat kita ingin menggunakan pendingin ruangan atau air conditioner (AC). 

Namun penggunaan AC tentu akan membuat tagihan listrik membengkak.

Sebenarnya ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk membuat rumah tetap dingin walau tanpa menggunakan AC. Berikut adalah beberapa tips yang dilansir dari Family Handyman, Rabu (31/3/2021).

Baca juga: Bisakah Menanam Tanaman di Sekitar Unit AC Outdoor?

1. Modifikasi kipas angin

Dengan semangkuk es dan kipas angin, kamu dapat menciptakan hembusan angin laut tiruan. Cukup isi mangkuk dengan es atau kantong es, dan letakkan mangkuk di depan kipas angin.

Nyalakan kipas angin, dan udaranya akan menyerupai angin dingin yang berkabut.

2. Tirai pendingin

Terkadang membuka semua jendela tidaklah cukup. Untuk mengatasinya, coba semprotkan dalam hal ini, semprotkan lembaran dengan air dingin dan tutup bukaan jendela. Angin sepoi-sepoi akan mengenai seprai dan melewati kain lembap yang dingin, yang dapat membantu menurunkan suhu di rumah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

3. Cobalah kaca film berinsulasi

Kaca film menawarkan banyak manfaat. Kaca film akan mengurangi biaya energi, memberi privasi sambil tetap menikmati pemandangan dan cahaya alam bebas.

Baca juga: Tips Mengatur Suhu AC yang Nyaman untuk Tidur Sekaligus Hemat Listrik

Kaca film dapat memberikan pengurangan panas inframerah hingga 98 persen dibandingkan dengan jendela yang tidak terlindungi, dan mengurangi ketidakseimbangan suhu di rumah.

4. Dinginkan bantal

Setelah mengganti seprai dengan seprai berbahan ringan, dan ada cara lain untuk menenangkan diri pada waktu tidur. Kamu bisa memberi membungkus bantal dan memasukkannya ke dalam kulkas, lalu keluarkan saat kamu akan tidur.

Atau, kamu bisa membeli bantal berisi gel khusus yang bisa didinginkan.

5. Pasang kanopi

Memasang kanopi di atas jendela akan berfungsi untuk melindungi rumah dari sinar matahari. Ini akan mengurangi jumlah panas yang akan diserap oleh rumah.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X