Kompas.com - 30/03/2021, 21:50 WIB
Ilustrasi anjing labrador retriever. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIOIlustrasi anjing labrador retriever.

JAKARTA, KOMPAS.com — Hand sanitizer kini menjadi hal wajib yang harus kita bawa untuk membersihkan tangan saat tak bisa mengakses air untuk mencuci tangan.

Tetapi seiring dengan meningkatnya penggunaan hand sanitizer, penting untuk diingat bahwa meskipun pembersih tangan dapat membuat kita tetap aman, cairan pembersih ini adalah bahan kimia, dan kita seharusnya berhati-hati dengan pemakaiannya di sekitar kita, terutama untuk kamu yang memiliki anjing dan hean peliharaan lain.

Dilansir dari Dogster, Selasa (30/3/2021), berikut hal-hal yang harus diketahui oleh pemilik anjing tentang penggunaan pembersih tangan di sekitar anjing.

Baca juga: Penggunaan Hand Sanitizer Bisa Merusak Cincin? Ini Penjelasannya

Kandungan hand sanitizer

Merek pembersih tangan yang berbeda akan memiliki bahan aktif yang berbeda, begitu juga dengan pewangi dan warna yang ditambahkan.

Untuk itu kamu sebaiknya melihat kandungannya dahulu sebelum membelinya. Namun seperti kita tahu sebagian besar kandungan dalam hand sanitizer adalah alkohol yang tentu saja sebaiknya dijauhkan dari jangkaian anjing.

Hand sanitizer juga sebaiknya jangan digunakan pada kaki atau bulu anjing.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Amankah menggunakan pembersih tangan di sekitar anjing?

Tina Wismer, Direktur Senior, Pusat Pengendalian Racun Hewan ASPCA menjelaskan bahwa meskipun sangat aman bagi pemilik anjing untuk menggunakan pembersih tangan namun sebaiknya kamu tidak langsung membelai anjing hingga tangan benar-benar kering.

Baca juga: 10 Kegunaan Hand Sanitizer Selain untuk Mencuci Tangan, Apa Saja?

“Setelah pembersih tangan menguap, kamu dapat dengan aman menyentuh hewan peliharaan tanpa kekhawatiran,” ujar Wismer.

Jadi, jika kamu sedang berjalan-jalan dengan anjing dan perlu menggunakan pembersih tangan, pastikan kamu memberi jeda waktu setelah mengoleskan pembersih tangan agar mengering sebelum mengeluarkan camilan anjing untuk memberi makan anjing atau langsung memegangnya.

Masalah keamanan

Perhatian terbesar bagi anjing dengan pembersih tangan adalah bahwa pembersih tangan yang paling banyak tersedia secara komersial berbasis alkohol, dan pembersih tangan tidak mengandung etilen glikol, bahan beracun dari antibeku.

Stacey Rebello, Direktur Departemen Darurat Medis MS di NorthStar Vets, menjelaskan bahwa dengan komponen alkohol, "Jika tertelan kita akan mengalami gangguan pencernaan termasuk muntah, air liur, dan diare,” ujar Stacey.

Halaman:


Sumber dogster
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X