Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lagi Membawa Ponsel ke Kamar Mandi, Ini Bahayanya

Kompas.com - 31/03/2021, 08:05 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saking ketergantungan dan tidak bisa terlepas dari handphone, sebagian orang kerap membawa handphone miliknya ke dalam kamar mandi dan memainkannya di sana.

Kamu mungkin pernah menghabiskan waktumu di kamar mandi, khususnya saat buang air besar sembari memainkan ponsel untuk membunuh waktu.

Saat buang air besar di kamar mandi sembari memegang handphone, biasanya orang-orang menonton Youtube, memeriksa dan membalas e-mail, menelusuri foto teman di media sosial, bahkan membalas pesan singkat atau berbicara di telepon.

Baca juga: Usir Bau Kamar Mandi dengan Cara Alami Ini

Tapi, perlu kamu ingat baik-baik, membawa handphone ke dalam kamar mandi merupakan sebuah hal yang tidak boleh untuk dilakukan.

Jadi, jika kamu bertanya-tanya mengapa tidak boleh membawa handphone ke kamar mandi atau toilet, baca terus hingga selesai agar kamu tahu risiko dan bahayanya.

Dilansir beberapa sumber, Rabu (31/3/2021), menghabiskan beberapa menit di kamar mandi berpotensi berbahaya, karena berisiko menularkan kuman dari perlengkapan kamar mandi ke ponsel dan kemudian ke wajahmu.

Mengutip Boldsky, para ilmuwan menemukan lebih dari 17.000 salinan gen bakteri dan 20 spesies mikroba dominan yang berbeda.

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Bikin Kuman di Kamar Mandi Menyebar


 

Patogen pada handphone ini dapat membuatmu sakit dan beberapa di antaranya bahkan dapat menyebabkan penyakit mematikan.

Karena kamu tidak berjalan melalui lingkungan yang steril, jika kamu menyentuh permukaannya, mungkin ada sesuatu di sana.

Oleh karena itu, membawa handphone ke kamar mandi atau toilet harus dihindari untuk alasan apa pun.

Apalagi saat kamu menyiram di kloset, kumannya menyebar ke mana-mana. Dudukan kloset, gagang, wastafel, dan keran mengandung kuman seperti E. coli yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih dan penyakit usus.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com