Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/03/2021, 08:44 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Treehugger

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing mengangkat dagu mereka dan melolong panjang (dan seringkali keras) karena berbagai alasan. Lolongan khusus terkadang berkaitan dengan ras, kepribadian, dan keadaan anjing tersebut.

Dilansir dari Treehugger, Rabu (31/3/2021), anjing mungkin melolong untuk berkomunikasi dengan Anda atau dengan anjing lain, menyampaikan bahwa mereka kesepian atau bahwa seseorang dalam bahaya.

Terkadang mereka juga menanggapi suara yang didengar atau mengungkapkan ketidaknyamanan atau rasa sakit.

 

Baca juga: Apakah Hand Sanitizer Aman untuk Anjing? Ini Penjelasan Dokter

Dengan begitu banyak kemungkinan penyebab, bagaimana Anda bisa membedakan jenis lolongan yang berbeda? Selain itu, bagaimana jika lolongan anjing Anda berlebihan dan menyebabkan gangguan?

Pemilik hewan peliharaan dan dokter hewan menemukan bahwa beberapa ras, seperti anjing beagle, hound, siberia huskies, dan malamute, sangat vokal, sedangkan ras lain, seperti pudel, lebih tenang.

Sedikit penelitian telah dilakukan untuk menjelaskan mengapa beberapa ras melolong lebih dari yang lain. Banyak dari apa yang kita ketahui tentang anjing melolong berasal dari penelitian yang dilakukan pada serigala.

Umumnya anjing dianggap serigala jinak, sehingga kedua kelompok tersebut memiliki banyak kesamaan.

Baca juga: Kenapa Anjing Suka Mengikuti Kita ke Mana-mana? Ini Penyebabnya

Baik serigala dan anjing menggunakan suara untuk mengomunikasikan segalanya, mulai dari rasa sakit dan ketakutan. Berikut beberapa kemungkinan alasan kenapa anjing melolong.

1. Gangguan fisik atau emosional

Lolongan anjing Anda dapat menjadi respons terhadap rasa sakit fisik atau emosional. Jika anjing Anda melolong berulang kali tanpa alasan yang jelas, atau jika perilaku melolong itu baru dan disertai dengan gejala lain, penting untuk datang ke dokter hewan.

2. Menanggapi sesuatu

Suara tertentu dapat menyebabkan anjing melolong yang paling umum, itu adalah sirene, musik, dan lolongan anjing lain di luar atau di lingkungan sekitar.

Meskipun tidak sepenuhnya jelas mengapa anjing melolong mengikuti musik, penelitian menunjukkan bahwa reaksi spesifik mereka sebenarnya bergantung pada jenis musik yang dimainkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com