Kompas.com - 26/03/2021, 11:17 WIB
Ilustrasi kamar mandi. SHUTTERSTOCK/HAMSTERMANIlustrasi kamar mandi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki tingkat kelembapan yang tinggi, membuat kamar mandi menjadi tempat perkembangbiakan kuman dan bakteri yang paling banyak dan cepat di antara area rumah lainnya.

Pembersihan secara teratur wajib dilakukan untuk mengurangi penyebaran kuman dan bakteri di dalamnya.

Namun, dilansir dari Reader's Digest, Jumat (26/3/2021), ada beberapa hal perilaku yang salah dan membuat kuman dan bakteri menyebar secar cepat. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini. 

Baca juga: Selain Toilet, Ini 6 Benda Paling Kotor di Kamar Mandi

1. Bermain ponsel

Disadari atau tidak, ponsel yang digenggam dan dibawa ke dalam toilet menjadi tempat perantara kuman menyebar.

Setelah melakukan kegiatan di kamar mandi, Anda langsung memegang ponsel sebelum mencuci tangan akan membuat kuman tersebut menyebar ke mana-mana.

2. Berbagi handuk tangan 

Menggunakan handuk yang sama dengan orang lain hanya akan memindahkan kuman dari satu tangan ke tangan lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebaiknya gunakan handuk tangan atau handuk mandi masing-masing dan cuci handuk setidaknya satu minggu sekali untuk mencegah penumpukan bakteri di kain.

Baca juga: 5 Tips Mengatur Kamar Mandi Berdasarkan Feng Shui yang Baik

3. Tidak lama mencuci tangan

Jumlah waktu yang optimal dalam mencuci tangan adalah selama 20 detik, namun beberapa orang lebih cepat dalam mencuci tangan. Sehingga, kuman yang ada di tangan tidak semuanya mati.

4. Membiarkan toilet terbuka saat menyiram 

Menurut American Journal of Infection Control, saat Anda menyiram toilet, isi yang ada di dalamnya akan menyebar ke udara yang mengandung bakteri mikroskopis.

Jika Anda tidak menutup penutup toilet, bakteri dapat mencemari tangan, permukaan kamar mandi, dan bahkan benda seperti sikat gigi.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X