Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Mengatur Kamar Mandi Berdasarkan Feng Shui yang Baik

Kompas.com - 24/03/2021, 20:17 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Pink Villa

JAKARTA, KOMPAS.com — Kamar mandi sering kali menjadi salah satu area rumah yang paling sering terabaikan.

Ruangan ini tidak terlalu diperhatikan karena dianggap sebagai ruang tempat anggota rumah membersihkan diri.

Namun, perkembangan zaman membuat orang mendekorasi kamar mandi mereka dan berusaha untuk membuatnya terlihat menarik, penuh warna bahkan menyesuaikannya dengan style dan gaya yang dianut oleh ruangan lai dalam hunian.

Baca juga: Cara Membersihkan Saluran Kamar Mandi yang Tersumbat

Selain mendekorasi kamar mandi untuk mengubah suasananya, penting juga untuk menciptakan feng shui yang baik di dalamnya. Feng shui adalah kebijaksanaan Asia kuno yang digunakan untuk meningkatkan energi positif di dalam ruangan.

Berikut adalah lima tips mengatur kamar mandi berdasarkan feng shui seperti dilansir dari Pinkvilla, Rabu (24/3/2021).

1. Jaga agar dudukan toilet dan pintu kamar mandi tetap tertutup

Untuk menjaga agar elemen air yang ada di kamar mandi jauh dari bagian rumah lainnya, tutuplah pintu kamar mandi. Karena, dudukan toilet melambangkan membuang barang. Karena itu, yang terbaik adalah tetap menutupnya untuk menciptakan feng shui yang baik.

2. Jaga agar tetap bersih

Kurangi keadaan yang berantakan kamar mandi dan pastikan untuk membersihkannya secara teratur. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan energi negatif dari kamar mandi, jaga kebersihannya dan simpan lebih sedikit barang di area tersebut.

Baca juga: 6 Cara Menggunakan Pemutih untuk Membersihkan Kamar Mandi

3. Tambahkan tanaman

Menambahkan tanaman di kamar mandi akan menambah tanaman hijau yang sangat dibutuhkan ke ruangan dan akan membantu menciptakan feng shui yang baik dengan menghadirkan elemen alami di area tersebut.

4. Tambahkan cermin

Cermin bisa membuat area kamar mandi terlihat lebih besar. Menggantung cermin di pintu kamar mandi akan mengalihkan perhatian orang dari ruangan tersebut dan akan membantu menghapus energi negatif yang terkait dengan kamar mandi.

5. Hemat air

Alasan utama mengapa kamar mandi dipandang sebagai tempat berenergi negatif adalah karena adanya kegiatan yang menyapu sumber daya alam.

Jadi, untuk meminimalkan pemborosan air dan melawan energi negatif, lakukan kebiasaan menghemat air kapan pun kamu bisa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Pink Villa
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com