Kompas.com - 25/03/2021, 17:54 WIB
Ilustrasi aglonema red valentine. SHUTTERSTOCK/PUSPA WARNAIlustrasi aglonema red valentine.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika tanaman aglonema yang kamu rawat tidak tumbuh dengan baik atau tampak lebih kecil dibandingkan aglonema yang lain, maka itu pertanda bahwa aglonema milikmu tumbuh kerdil.

Tanaman aglonema yang tumbuh kerdil menjadi salah satu hal yang paling ditakuti setiap pemiliknya, karena kecantikan dari aglonema tidak akan memukau.

Bagi kamu yang merawat aglonema, mungkin kamu merasa bingung dan penasaran mengenai apa penyebab tanaman aglonema tumbuh menjadi kerdil.

Baca juga: Cara Termudah Menjauhkan Hama Semut dan Serangga dari Aglonema

Untuk menjawab rasa penasaranmu tersebut, berikut ini ada beberapa penyebab yang membuat aglonema tumbuh kerdil dan cara untuk mengatasinya seperti yang dilihat dari channel Youtube Hobi Bunga, Kamis (25/03/2021).

1. Media tanam kurang nutrisi

Penyebab pertama yang bisa membuat aglonema menjadi kerdil adalah media tanam aglonema yang kekurangan nutrisi.

Media tanam yang kurang nutrisi itu akan membuat aglonema menjadi kerdil, karena aglonema kurang makanannya. Solusi untuk hal ini adalah mengganti media tanam yang kurang nutrisi dengan media tanam baru.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Media tanam yang baru itu sebaiknya menggunakan campuran sekam, tanah dan kotoran hewan. Perbandingannya adalah sekam 2, tanah 1, dan kotoran hewan 1.

Baca juga: 6 Kesalahan Pemula dalam Merawat Tanaman Aglonema

Jika kamu takut membongkar media tanam sepenuhnya karena khawatir aglonema milikmu mati, maka kamu bisa mengganti media tanam cukup sebagian saja.

Jadi, kamu buang bagian atas media tanam, kemudian kamu tambahkan media tanam yang baru, sehingga hal ini tidak ada risikonya.

2. Penggunaan pupuk yang berlebih dan kurang

Tanaman aglonema tumbuh kerdil bisa dikarenakan penggunaan pupuk yang berlebih atau juga kurang.

Penggunaan pupuk sangat penting, karena jika aglonema kurang pupuk mereka bisa menjadi kerdil.

Namun, jika kebanyakan pupuk, tanaman aglonema juga bisa mengalami overdosis yang ujung-ujungnya membuat aglonema jadi kerdil juga.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X