Kompas.com - 25/03/2021, 14:23 WIB
Ilustrasi berkebun, menanam tanaman. PEXELS/HUY PHANIlustrasi berkebun, menanam tanaman.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam tanaman dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari menanam dari benih, cara semai, atau dengan cara stek.

Aih-alih memangkas tanaman dan membuang ranting dan batangnya, lakukan pemotongan dengan hati-hati dan buat tanaman baru dari tanaman induk.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Kamis (25/3/2021), menanam dari stek batang sangatlah mudah jika Anda mengetahui langkah-langkah yang tepat untuk melakukan stek.

 

Baca juga: Cara Menanam Serai di Halaman Rumah, Bisa Cegah Nyamuk

Dengan air dan kelembaban yang cukup, stek batang dapat membuat pot baru dari tanaman favorit yang dapat ditambahkan ke koleksi pribadi. Berikut ini cara stek tanaman yang perlu Anda ketahui. 

Persiapan penanaman

Siapkan wadah pembibitan dengan mengisi pot kecil atau paket sel dengan media yang sudah dibasahi sebelumnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tanah pot dan campuran pot biasa menahan terlalu banyak kelembapan. Pilih batang yang sehat dan tidak berbunga dari tanaman induk untuk stek.

Gunakan pisau yang bersih dan tajam untuk memotong pucuk berukuran 3 hingga 4 inci di bawah simpul daun (titik di mana daun muncul dari batang seperti yang ditunjukkan). Potong daun bagian bawah dari pucuk dan potong semua bunga atau kuncup.

Baca juga: Tips Menanam dan Merawat Bunga Petunia

Ini mendorong tanaman untuk menggunakan energinya untuk rooting daripada menumbuhkan daun atau bunga.

Tumbuhan akar

Dorong pertumbuhan akar dengan mencelupkan ujung potongan ke dalam bubuk rooting hormone. Rooting hormone dapat ditemukkan di sebagian besar toko berkebun, atau dapat dipesan secara online. Tutupi bagian yang dipotong dengan bubuk tersebut.

Buat lubang untuk menanam

Gunakan sumpit atau pensil untuk membuat lubang tanam di media lembab. Direkomendasikan untuk membuat lubang sedalam 1 hingga 2 inci untuk menjaga agar batang pemotongan tetap kokoh.

Membuat lubang untuk stek batang mencegah rooting hormone pada ujungnya terganggu selama penanaman.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.