Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/03/2021, 12:33 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekorasi ruangan dengan tanaman hias memiliki banyak manfaat karena mereka menghasilkan oksigen ekstra melalui fotosintesis, sehingga dapat membantu mengurangi stres, dan bahkan dapat meningkatkan produktivitas jika diletakkan ke meja atau di kantor rumah Anda.

Untuk mulai mendekorasi ruangan dengan tanaman hias, Anda bisa memulai dari yang kecil hanya dengan satu atau dua tanaman di meja samping atau di luar ruangan sehingga dapat membuat taman sendiri.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Kamis (25/3/2021), saat mendekorasi ruangan dengan tanaman hias, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, selain tampilannya, yakni perawatan dan kondisi kehidupannya.

Baca juga: Apa Benar Musik Memengaruhi Pertumbuhan Tanaman Hias Indoor?

Misalnya, beberapa tanaman akan mentolerir cahaya redup dan tumbuh subur di area lembab seperti kamar mandi, sementara yang lain membutuhkan tempat di dekat jendela untuk tumbuh.

Berikut beberapa tips yang perlu diingat saat Anda membawa lebih banyak tanaman ke rumah:

1. Atur dalam angka ganjil

Jika bisa, kelompokkan tanaman dalam jumlah ganjil. Penggunaan bilangan genap dapat terlihat simetris sehingga penataannya terlihat lebih formal. Nomor ganjil memberikan tampilan yang lebih kasual.

2. Pilih ukuran berbeda

Kelompokkan tanaman dengan lebar dan tinggi berbeda. Perbedaan ukuran memberikan tampilan yang lebih organik dibandingkan tanaman dengan ukuran yang sama yang terlihat seragam.

Baca juga: 3 Cara Membasmi Hama Serangga Agas pada Tanaman Hias Indoor

3. Pikirkan tentang bentuk daun

Pilih tanaman dengan berbagai bentuk dan jenis pertumbuhan. Misalnya, tempatkan tanaman bersurai (pothos), tanaman mirip air mancur (dracaena), dan tanaman tinggi dengan daun ke atas (pohon ara daun rebab) bersama-sama untuk pengaturan yang menarik dan harmonis.

4. Tanaman dengan daun berwarna-warni

Perhatikan warna tanaman yang Anda pilih. Untuk tampilan yang kohesif, satukan tanaman yang memiliki daun dengan warna yang sama.

Untuk lebih banyak variasi, pilih tanaman dengan dedaunan dengan warna berbeda.

5. Gunakan banyak pot hias

Seperti halnya warna, memilih pot dapat dilakukan dengan salah satu dari dua cara berdasarkan preferensi pribadi. Anda dapat menggunakan pot tanaman dengan sentuhan akhir dan warna yang serupa untuk membuat penataannya terlihat seperti satu set.

Atau Anda dapat menggabungkan semua pot favorit Anda dari berbagai bahan dan warna untuk hasil akhir yang eklektik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com