Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/03/2021, 09:53 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kunyit (Curcuma longa) adalah salah satu bumbu dapur yang penting dan banyak memiliki manfaat kesehatan. Karena merupakan tanaman herba tropis, kunyit tentu banyak kita jumpai di pasaran.

Namun, tidak adalah salahnya menanam kunyit sendiri di rumah. Sama seperti jahe, kunyit membutuhkan lingkungan yang hangat dan lembab untuk tumbuh, selain tanah yang netral dan dapat menyerap air dengan baik.

Anda pun bisa menanam kunyit di halaman rumah maupun di pot tanaman di dalam rumah. Dilansir dari Good Housekeeping, Jumat (12/3/2021), berikut cara menanam kunyit di dalam ruangan.

Baca juga: Tidak Sulit, Begini Cara Menanam Jahe di Pot

Persiapan menanam

1. Hitung kapan harus menanam

Kunyit membutuhkan waktu tujuh hingga 10 bulan dari penanaman hingga panen. Jika musim tanam Anda lebih lama, atau Anda memiliki ruangan dalam ruangan yang besar dan cerah untuk menanamnya, pengaturan waktu Anda tidak terlalu penting

2. Sumber rimpang

Kunyit ditanam dari rimpang, berstruktur seperti akar berdaging. Rimpang kunyit segar tentu mudah ditemukan di pasar tradisional atau pasar swalayan.

Pilih rimpang gemuk dengan banyak tonjolan (kuncup) di sepanjang sisi.

Penanaman

Anda membutuhkan pot atau wadah berukuran 14 hingga 18 inci untuk setiap rimpang berukuran 6 hingga 8 inci, dan tanah pot yang cukup untuk mengisinya.

Baca juga: Tak Punya Pekarangan? Coba Tanam Cabai di Dalam Ruangan

Akan tetapi untuk memulai menanam kunyit, lebih praktis untuk menumbuhkan rimpang dalam pot yang lebih kecil dan kemudian memindahkannya ke dalam pot yang lebih besar setelah mereka memiliki beberapa daun dan tumbuh dengan baik. Begini caranya:

1. Potong rimpang menjadi beberapa bagian, dengan dua atau tiga tunas di setiap bagian.

2. Isi setengah pot setinggi 3 inci dengan tanah atau media tanam yang bagus.

3. Letakkan bagian rimpang rata di atas tanah, dan tutupi dengan lebih banyak tanah pot.

4. Siram dengan baik dan masukkan pot ke dalam kantong plastik bening.

5. Tempatkan pot atau kulit kerang di tempat terhangat yang bisa Anda temukan, idealnya 30 sampai 35 derajat celsius. Kunyit akan tumbuh lambat pada suhu yang lebih rendah dan rimpang bahkan mungkin membusuk daripada bertunas.

Bila tidak menemukan lokasi yang panas, Anda bisa membuat ruang perkecambahan yang bagus dengan ampu meja kecil dan termometer. Cahaya atau tidak ada cahaya baik-baik saja pada tahap ini.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com