Kompas.com - 25/03/2021, 15:09 WIB
Ilustrasi produk organik. FREEPIK/FREEPIKIlustrasi produk organik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan segala hal yang bertajuk ramah lingkungan merupakan sebuah hal yang baik dan bijak, demi bertanggung jawab kepada bumi sebagai tempat kehidupan.

Definisi dari ramah lingkungan sendiri adalah tidak berbahaya bagi lingkungan. Sayangnya, ada dua masalah yang melekat dengan gagasan ini.

Pertama, menghindari bahaya saja tidak cukup untuk menopang dan menjaga planet bumi lebih baik untuk generasi mendatang.

Baca juga: 8 Cara Wujudkan Rumah Ramah Lingkungan

Dan kedua, seringkali orang-orang berpikir kalau mereka sedang ramah lingkungan tetapi sebenarnya tidak, bahkan justru lebih merugikan.

Dilansir dari beberapa sumber, Kamis (25/3/2021), berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang dianggap ramah lingkungan tetapi sebenarnya tidak.

1. Menggunakan produk pembersih "hijau"

Banyak produk pembersih "hijau" atau green masih mengandung racun yang berbahaya bagi lingkungan dan kesehatanmu.

Biasanya kamu juga perlu menggunakan lebih banyak produk untuk menyelesaikan pekerjaan. Sebelum kamu membeli produk pembersih "hijau", baca label dan periksa bahannya.

Baca juga: Cat Bahan Dasar Air Lebih Sehat dan Ramah Lingkungan

Kamu mungkin lebih baik menggunakan barang-barang rumah tangga biasa seperti cuka, soda kue atau lemon untuk membersihkan.

Ilustrasi tas kertas, kantong kertas. PIXABAY/MATTHIAS BOECKEL Ilustrasi tas kertas, kantong kertas.

2. Menggunakan kantong kertas

Kamu berpikir kalau kertas lebih baik dari plastik? Itu benar, dalam artian bahwa kertas terdegradasi lebih cepat daripada plastik (jauh lebih cepat).

Masalahnya adalah produksi kantong kertas sebenarnya menghasilkan lebih banyak karbon yang dilepaskan ke atmosfer daripada produksi kantong plastik.

Selain itu, produksi kertas membutuhkan penebangan pohon, dan deforestasi memiliki dampak lingkungan yang merusak.

Alih-alih menggunakan kantong kertas atau kantong plastik sekali pakai, disarankan untuk menggunakan tas yang dapat digunakan kembali sesering mungkin.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X