Kompas.com - 23/03/2021, 13:20 WIB
Ilustrasi tanaman cabai. UNSPLASH/PRINCE ABIDIlustrasi tanaman cabai.

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat tanaman cabai menjadi salah satu alternatig untuk dapat menggunakan cabai ketika harga cabai sedang melonjak.

Namun, meskipun cabai termasuk tanaman yang mudah dirawat, ada beberapa masalah yang ditemukkan saat merawat cabai, salah satunya tanaman cabai yang tidak berbuah.

Dilansir dari Gardening Know How, Selasa (23/3/2021), salah satu alasan tanaman cabai tidak berbuah adalah karena cuaca. Cabai merupakan tanaman musim hangat yang akan tumbuh subur pada suhu 21-29 derajat celcius pada siang hari dan 15-21 derajat celcius pada malam hari.

Baca juga: Hama dan Penyakit yang Sering Menyerang Cabai dan Cara Mengatasinya

Suhu dingin akan memperlambat pertumbuhan tanaman dan mengakibatkan tanaman tidak berbuah. Mereka membutuhkan musim tanam yang panjang dengan setidaknya enam jam sinar matahari penuh.

Alasan umum lainnya bagi tanaman cabai yang tidak berproduksi adalah busuk ujung bunga, yang disebabkan oleh kekurangan kalsium dan terjadi ketika suhu malam lebih dari 23 derajat celcius.

Tampak, seperti namanya, busuk berwarna cokelat sampai hitam di ujung buah yang mekar yang mengakibatkan hilangnya cabai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kelebihan nitrogen

Masalah lain dengan cabai yang tidak berbunga atau berbuah adalah nutrisi yang tidak mencukupi. Tanaman dengan terlalu banyak nitrogen menjadi subur, hijau dan besar dengan mengorbankan buah sehingga akan mengakibatkan tanaman yang tidak berbuah.

 

Baca juga: Gunakan Kedua Pupuk Ini untuk Membuat Cabai Berbuah Lebat

Cabai membutuhkan lebih banyak fosfor dan kalium untuk menghasilkan buah.

Jika Anda sudah menanam cabai dan terlalu banyak memupuk, juga akan menyebabkan tanaman cabai tidak berbuah. Ada cara cepat untuk mengatasi pemupukan berlebih.

Semprot tanaman dengan 1 sendok teh garam yang dilarutkan dalam botol semprot air hangat (4 gelas air aau 940 ml). Ini akan memberi cabai dorongan magnesium, yang membuat tanaman cabai berbuah. Semprot tanaman lagi 10 hari kemudian.

Selain itu, periksa juga apakah tanaman cabai terbebas dari hama dan penyakit, karena hal ini akan membuat pertumbuhan tanaman terhambat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.