Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/03/2021, 16:05 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Buah tanaman cabai menjadi rontok dan busuk, merupakan salah satu risiko yang harus siap dihadapi oleh setiap orang yang membudidayakannya.

Apabila tanaman cabai yang kamu tanam menjadi rontok dan busuk, tentunya ini tidak akan layak dikonsumsi untuk dicampurkan dengan makanan apapun.

Kelebihan unsur nitrogen, serangan hama trips, kekurangan air, over dosis pestisida, zat pengatur tumbuh berlebihan, serangan penyakit phytiphthora, hingga kekurangan unsur hara mikro merupakan penyebab buah tanaman cabai menjadi rontok.

Baca juga: Tak Punya Pekarangan? Coba Tanam Cabai di Dalam Ruangan

Namun, perlu kamu ketahui juga bahwa serangan lalat buah (Bactrocera dorsalis) juga bisa membuat buah cabai menjadi rontok hingga busuk, seperti yang dilihat dari kanal Youtube Dari Kami Untuk Kamu, Sabtu (13/3/2021).

Ketika kamu membuka isi buah cabai yang rontok dan bagian dalamnya terdapat warna hitam dan ulat kecil, bisa jadi penyebab rontok pohon cabai akibat serangan lalat buah.

Lalat buah betina akan meletakkan telur di dalam buah cabai segar dengan cara menusukkan stylet ke buah cabai.

Selanjutnya, telur-telur lalat buah yang berada di dalam buah cabai akan menetas dan menjadi larva yang berupa ulat kecil atau seperti belatung.

Baca juga: Cara Mencegah dan Mengatasi Masalah Bunga Rontok pada Tanaman Cabai

Oleh karena itu, ulat-ulat yang terdapat di dalam buah akan memakan buah cabai dari di dalam serta mengakibatkan buah cabai menjadi busuk dan pada akhirnya menjadi rontok.

Jika permasalahan tanaman cabai yang kamu miliki sama seperti yang dijelaskan di atas, maka terdapat cara untuk mengendalikan serangan lalat buah terhadap tanaman cabaimu.

Serangan hama lalat buah ke tanaman cabai bisa terjadi di musim hujan, yang mana menjadi musim kawin bagi mereka.

Perlu kamu ketahui bahwa lalat buah tidak bisa menyuapi atau memberi makan keturunannya, sehingga mereka menitipkan telur-telur lalat buah di berbagai macam buah tanaman, termasuk cabai, agar ketika anak-anaknya lahir itu sudah ada makanannya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com